Pariwisata

Kastara.ID, Jakarta – Untuk membangkitkan kembali minat wisatawan domestik mengunjungi destinasi wisata Tanah Air, perlu dilakukan promosi berupa tiket wisata yang murah. Selain itu, para pejabat pemerintahan juga harus mengunjungi destinasi wisatanya terlebih dahulu untuk memastikan keamanan dan kenyaman bagi wisatawan.

Anggota Komisi X DPR RI Sakinah Aljufri menyerukan hal ini dalam rapat virtual Komisi X dengan para pelaku pariwisata, Selasa (14/7). Sektor pariwisata yang terimbas berat akibat Covid-19 harus segera bangkit dengan memfokuskan pada pangsa pasar wisatawan domestik. Koordinasi Pemerintah dengan semua pemangku kepentingan harus dilakukan, seraya mempublikasikan pula destinasi favorit dengan tiket murah.

“Jadi Pemerintah harus datang dulu ke tempat wisata, kemudian dipublikasikan. Tiket harus murah agar mampu menarik wisatawan,” saran politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. Destinasi wisata harus dipastikan aman dari Covid-19, sekaligus juga menjalankan protokol kesehatan yang ketat memasuki masa kenormalan baru.

Rapat virtual Panja Pemulihan Pariwisata ini dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Rapat dihadiri para pelaku pariwisata, seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), dan Perkumpulan Pengemudi Pariwisata Indonesia (Peparindo). (rso)