Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat mengatakan, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto akan segera berkantor di Surabaya. Hal ini dimaksudkan agar penanganan kasus virus corona atau Covid-19 di Jawa Timur (Jatim) bisa segera teratasi. Pasalnya kondisi di Jatim saat ini menjadi perhatian pemerintah pusat.

Saat memberikan keterangan kepada awak media (13/7), Budi menyebut, dengan berkantor di Surabaya, Terawan bisa melakukam kunjungan kerja intensif. Sehingga penanganan kasus corona di Jatim bisa lebih terkontrol.

Namun Terawan tidak akan ngantor setiap hari di Surabaya. Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu akan dijadwalkan berkantor di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, pada Sabtu dan Ahad setiap pekan.

Jawa Timur saat ini diketahui menjadi provinsi dengan angka penularan virus corona tertinggi di Indonesia. Itulah sebabnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Pemerintah Provinsi (Peprov) Jatim segera menurunkan dan menekan angka penularan virus corona. Saat berkunjung ke Surabaya, 25 Juni 2020 lalu, Jokowi memberikan waktu dua pekan bagi Pemprov Jatim menangani kasus corona.

Namun yang terjadi bukannya menurun, angka penularan Covid-19 di Jatim justru meroket. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, hingga Senin 13 Juli 2020, jumlah pasien positif corona di Jatim berjumlah 16.877 orang. Sebanyak 1.226 orang meninggal dunia dan 6.609 pasien dinyatakan sembuh. (ant)