Headline

Nominator Kampung Budaya Disurvei Dinas Kebudayaan DKI

Kastara.ID, Jakarta – Tim Tenaga Ahli Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Rabu (13/7), melakukan survey lapangan ke kawasan Rawa Belong dan Kota Bambu Selatan yang jadi nominator Kampung Budaya Betawi di Jakarta Barat.

Menurut Kasudin Kebudayaan Jakarta Barat, Ahmad Syaroni, survei ini untuk mengidentifikasi dua kawasan tersebut. Menurutnya, ada 10 variable objek pemajuan kebudayaan (OPK) yang harus dipenuhi dua lokasi itu, yaitu tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, permainan rakyat, olahraga tradisional, pengetahuan tradisional,teknologi tradisional, seni, bahasa dan ritus.

“Kalau ada minimal enam dari 10 variable tersebut terpenuhi, maka Rawa Belong dan Kota Bambu Selatan dapat ditetapkan sebagai Kampung Budaya,” terangnya.

Diungkapkan Syaroni, program Kampung Budaya ini didasari keinginan Pemprov DKI Jakarta melestarikan dan mengembangkan budaya lokal agar tidak digerus zaman.

“Melalui program ini, kita jangan sampai kehilangan identitas,” tuturnya.

Ia mempersilakan warga yang ingin wilayahnya ditetapkan sebagai Kampung Budaya, untuk mengajukanya ke Sudin Kebudayaan Jakarta Barat maupun langsung ke Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

“Warga yang ingin wilayahnya dijadikan Kampung Budaya dan memenuhi variable tersebut, bisa langsung melaporkan kepada kami,” pungkasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…