Categories: Berita

Menag: Visa Gelombang Pertama Jamaah Haji Sudah 100 Persen Selesai

Kastara.id, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, isu pemberitaan yang belakangan ini muncul bahwa ada calon jamaah haji yang tidak bisa berangkat karena masalah visa, itu sepenuhnya tidak benar, karena seluruh jamaah haji Indonesia yang ada di gelombang pertama, seluruhnya sudah memiliki visa.

“Saya ingin mengklarifikasi terkait isu pemberitaan yang belakangan ini muncul bahwa ada calon jamaah haji yang tidak bisa berangkat karena masalah visa, itu sepenuhnya tidak benar, karena seluruh jamaah haji Indonesia yang ada di gelombang pertama, itu seluruhnya sudah memiliki visa, jadi sudah 100 persen terselesaikan,” kata Menag di Jakarta (13/8).

Dikatakan Menag, kasus yang terjadi seperti di Kabupaten Sumedang, sesungguhnya karena ada jamaah yang seharusnya berangkat di gelombang kedua, tapi karena teman atau saudaranya di gelombang pertama, ia ingin pindah ke gelombang pertama keberangkatannya. Karena jamaah tersebut di gelombang kedua, visanya tentu sedang diproses dan belum selesai.

“Saya sudah intruksikan (kepada PPIH di seluruh embarkasi) bahwa perpindahan kloter ini sebaiknya tidak dilakukan, karena akan mengubah atau mengganggu formasi kloter-kloter yang sudah ditetapkan,” ujar Menag.

“Tidak benar ada jamaah yang tidak bisa berangkat karena visa, karena seluruh jamaah gelombang pertama sudah selesai dan tinggal 262 paspor saja yang belum memiliki visa dan itu milik jamaah gelombang kedua, yang baru tanggal 22 Agustus 2016 nanti keberangkatannya ke Tanah Suci,” katanya.

Menag menegaskan, pemerintah berkewajiban memberangkatkan jamaah haji yang memang sudah ditetapkan tahun ini. “Jadi sebenarnya tidak ada jamaah tertunda, jadi penundaan itu karena kemauan jamaah bersangkutan. Itu pun harus ada kondisi yang menyebabkan jamaah tersebut memungkinkan menunda keberangkatannya, misalnya karena sakit. Tapi kalau tidak alasan yang cukup kuat, kita tidak menghendaki adanya perubahan keberangkatan, karena akan mengganggu kloter-kloter yang sudah ditetapkan, dan menyebabkan kekosongan kursi (open seat), dan kursi kosong tersebut juga harus diisi karena ditinggalkan tadi,” ujar Menag.

“Apalagi yang seharusnya berangkat di gelombang kedua, lalu minta dimajukan, itu sulit, karena di gelombang pertama pun sudah terisi dan sudah ditetapkan,” katanya.

Kepada jamaah haji yang akan berangkat, Menag berpesan agar seluruh jamaah jangan membawa benda-benda yang aneh, karena akan menyulitkan sendiri saat tiba di Tanah Suci. Seperti diketahui, ada jamaah yang tertahan bandara Madinah karena membawa ramuan tertentu yang disinyalir narkoba dan benda aneh yang mirip jimat.

“Yang terkait obat-obatan, percayakan kepada tim kesehatan haji Indonesia di Tanah Suci. Mereka akan membantu kesehatan jamaah. Dan jangan bahwa benda yang aneh-aneh, fokuslah kepada ibadah haji. Insya Allah, Allah Swt akan melindungi kita,” ujar Menag. (npm)

Leave a Comment

Recent Posts

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…

Program KDS Pendidikan Untuk Warga Yang ber KTP Depok

Kastara.Id,Depok - Program Pemerintah Kota Depok melalui Kartu Depok Sejahtera (KDS) bukan untuk satu golongan,…

Imam – Ririn Pilkada Depok 2024 Sudah Mantap 99 Persen

Kastara.Id,Depok - Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar Depok resmi mengusung Imam Budi…