Menghadap Laut

Kastara.id, Jakarta – Dalam rangka memeriahkan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan organisasi Pandu Laut Nusantara akan melakukan aksi nasional bersih-bersih pantai di 73 titik perairan di Indonesia secara serentak pada 19 Agustus 2018 mendatang.

Hal ini disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam konferensi pers bersama aktivis Pandu Laut Nusantara Akhadi Wira Satriaji alias Kaka Slank bersama istri, Natascha; Istri Ridho Slank, Ony Serojawati; Direktur Diet Kantong Plastik Tiza Mafira; dan didampingi Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Brahmantya Satyamurti Poerwadi, di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Senin (13/8).

Menteri Susi mengajak masyarakat turut serta “Menghadap Laut” sebagai bentuk kecintaan dan loyalitas terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan “Menghadap Laut” ini rencananya akan dimulai serentak pada pukul 15.00 (WIT)-14.00 (WITA)-13.00 (WIB) di titik-titik yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Menggandeng kelompok masyarakat pencinta laut, organisasi Pandu Laut Nusantara ingin menyadarkan masyarakat bahwa laut bukanlah tempat pembuangan sampah. Perlu diketahui, sampah di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun, dan 3,2 juta ton di antaranya merupakan sampah plastik.

Indonesia saat ini menempati peringkat kedua penyumbang sampah plastik terbesar ke lautan. “Apabila tidak segera ditanggulangi, World Economic Forum memprediksi di tahun 2050 akan lebih banyak sampah plastik di laut dibandingkan ikan,” kata Susi.

Pemilihan 73 titik memang terinspirasi dari peringatan kemerdekaan ke-73 RI. Meskipun demikian, Menteri Susi menyebut gerakan “Menghadap Laut” tak dibatasi pada 73 titik itu saja.

“Siapa pun bebas untuk mendaftar dan membentuk titik lainnya di seluruh Indonesia. Saat ini menurutnya bahkan sudah ada 100 lebih titik yang didaftarkan,” katanya. (danu)