PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Kastara.ID, Jakarta – Memasuki semester II tahun ini, pasar otomotif di Indonesia mulai menunjukkan peningkatan pada dua bulan terakhir, sejak Juni–Juli 2020. Bahkan capaian whole sales secara nasional ada di kisaran 25 ribu unit atau naik dua kali lipat dibanding Juni 2020. Untuk retail sales, pasar otomotif Indonesia selama periode Juli 2020 mencapai sekitar 35 ribu unit, naik sekitar 19% dibanding Juni 2020.

Capaian Daihatsu di sisi whole sales ternyata meningkat tajam dari yang sebelumnya sebesar 331 unit pada Juni 2020, menjadi 1.553 unit pada bulan Juli 2020, atau dengan kenaikan hampir 5 kali lipat. Sedangkan retail sales di Juli 2020 tercatat sebanyak 5.890 unit, atau naik 6% jika dibandingkan bulan Juni 2020 lalu sebesar 5.558 unit.

Secara YTD (Year To Date) atau sejak Januari–Juli, market share Daihatsu juga mengalami kenaikan. Pada sisi whole sales naik sebesar 0,4% menjadi 17,9%, sedangkan retail sales naik 1% menjadi 18,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Hingga Juli 2020, secara akumulatif penjualan retail sales Daihatsu masih tetap didominasi Astra Daihatsu Sigra dengan pencapaian sebesar 16.631 unit, berkontribusi sebesar 28,0%, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 12.651 unit (21,3%), dan Terios 8.938 unit (15,0%).

“Kami berharap, tren positif ini akan terus berlanjut diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan pelanggan setia Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). (sla)