Depok

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, telah menjalani verifikasi lapangan (re-checking) Lomba Inovasi Kelurahan Layak Anak (KLA) Tahun 2022. Penilaian tersebut merupakan tahap kedua setelah sebelumnya menjalani seleksi penilaian administrasi.

Lurah Tirtajaya, Mohammad Imron, mengatakan, inovasi yang diusung fokus pada pemberian edukasi kepada anak-anak difabel. Saat ini, imbuhnya, terdapat kurang lebih 10 anak difabel yang ada di wilayahnya.

“Salah satu upaya pendekatan edukasinya adalah ke orang tua asuh, mereka bisa memperhatikan anak-anak yang berkebutuhan khusus, bahwa mereka memiliki kompetensi sehingga masyarakat bisa menilai mereka itu normal,” jelasnya sebagaimana dilansir laman resmi Pemkot Depok (13/9).

Nantinya, kata Imron, anak-anak istimewa tersebut akan mendapatkan edukasi berupa pengenalan huruf. Lalu, setelah kenal terhadap huruf, mereka akan diperkenalkan tentang cara membaca secara baik dan benar.

“Termasuk pengenalan-pengenalan pada benda yang ada di sekitar kita, juga gerakan-gerakan tangan yang bisa mempermudah mereka untuk tau benda-benda yang bisa kita asumsikan. Ini salah satu upaya yang kita kembangkan di Tirtajaya,” ungkapnya.

Melalui inovasi ini, pihaknya juga mencoba mengedukasi masyarakat bahwa anak-anak difabel juga memiliki potensi yang besar. Pihaknya pun optimis dapat mewakili Kecamatan Sukmajaya pada ajang serupa di tingkat Kota Depok.

“Optimis, harus. Ini harus bekelanjutan, kerena ini program bersama baik itu pemerintah, tokoh masyarakat. Termasuk, juga dengan warga yang memiliki anak yang berkebutuhan khusus, supaya benar-banar bisa memahami kebutuhan dari pada anak-anak itu,” tandasnya. (dha)