QR Code

Kastara.ID, Jakarta – Diketahui pada Rabu (14/9) pagi, aplikasi pelacak virus Covid-19 Indonesia PeduliLindungi sempat tidak bisa diakses oleh pengguna.

Pengguna aplikasi tidak bisa log in dan muncul pop up notifikasi bertuliskan ‘error_json’, pada pukul 09.30 WIB

Melalui cuitan di akun Twitter @PLindungi, meminta maaf dan memastikan tim teknis PeduliLindungi tengah melakukan perbaikan segera agar layanan aplikasi web dan aplikasi mobile dapat segera digunakan kembali.

Pihak Peduli Lindungi juga meminta agar masyarakat melakukan pembaruan aplikasi pada versi terkini.

Kementerian Kesehatan sudah menginformasikan ke pihak KKP, pengelola bandara, dan transportasi publik lainnya untuk tetap memberikan layanan. Mohon maaf sekali lagi atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” demikian cuit @PLindungi, Rabu (14/9).

Sementara Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes juga telah memberikan pernyataan. Menurut Kemenkes, saat ini laman web dan aplikasi PeduliLindungi tidak dapat diakses lantaran sedang dalam proses pemeliharaan rutin.

Kemenkes juga meminta agar masyarakat tenang dan dapat menunjukkan sertifikat vaksin yang telah diunduh dan disimpan saat melakukan perjalanan dengan transportasi publik.

“Dalam beberapa jam web dan aplikasi PeduliLindungi dapat segera digunakan kembali,” ujar Kemenkes.

Sebagai informasi, PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Aplikasi tersebut mempunyai beberapa fungsi, antara lain memberikan peringatan kepada pengguna jika berada di area yang terdapat banyak kasus positif Covid-19. (ant)