Nitilaku UGM

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rapat untuk Persiapan Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023. Persiapan terkait gelaran kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

“Persiapan seluruhnya progressing-nya cukup bagus, dari pertemuan working group maupun engagement group. Dan tentunya, tentu kita sedang memonitor kehadiran para pemimpin negara. Tapi dalam dua bulan ini Ministerial Meeting-nya cukup banyak,” ujar Airlangga di laman Sekretariat Kabinet, dikutip Rabu (14/9).

Dilanjutkannya, para pemimpin dari berbagai negara yang diundang dalan pertemuan Presidensi G20 telah menginformasikan kepada Kementerian Luar Negeri. “Sudah ada, tapi itu sudah dengan Bu Menlu nanti,” ucapnya.

Airlangga menambahkan, pemerintah akan melakukan evaluasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dengan menggelar rapat koordinasi di Surabaya, Jawa Timur, antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang membahas secara khusus mengenai inflasi.

“Ini baru mulai. Jadi kita lagi melihat, memonitor angka inflasi dan besok akan ada rapat inflasi, rapat koordinasi daerah dan pusat di Surabaya mengenai inflasi. Nah, besok kita akan beberkan apa faktor inflasi di masing-masing daerah. Sehingga kita menjaga, dua yang kita jaga, inflasi daripada bahan makanan dan inflasi dari transportasi,” tandasnya. (ant)