Kastara.id, Jakarta – Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertahanan Nora Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa ketahanan negara berangkat dari ketahanan keluarga. Dan ketahanan keluarga berawal dari perempuan yang berada di belakang laki-laki, ibu dari anak-anak bangsa. Peran ibu dalam pertahanan negara adalah sebagai filter budaya asing bagi keluarganya. Bentuk sikap bela negara seorang ibu adalah dengan mempertahankan, melestarikan, serta menularkan kecintaannya akan budaya bangsa kepada anggota keluarga terutama anak-anak generasi bangsa.

Demikian dikatakan Penasehat DWP Kemhan dalam Sosialisasi Bela Negara dalam rangka silaturahmi dan pertemuan anggota di Teater Gedung Piere Tendean, Kantor Kemhan, Jakarta (13/10). Silaturahmi rutin per tiga bulan ini dipimpin oleh Wakil Ketua DWP Kemhan Leni Ismono Wijayanto dan kali ini diisi dengan ceramah tentang Bela Negara oleh Dirjen Strategi Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto MBA.

Penasehat DWP Kemhan melanjutkan, karakter bangsa berawal dari bagaimana seorang ibu mengajarkan mengenai cinta tanah air dan bangsa serta bangga akan bangsanya kepada anak-anak mereka. Masalah etika generasi muda adalah cerminan dari bagaimana seorang ibu melakukan sikap bela negara. Dan cara terbaik untuk mengajarkan bela negara adalah dengan memberikan contoh bagi anak-anak mengenai bagaimana mencintai bangsanya, bagaimana menghormati pahlawan-pahlawannya dan bagaimana melestarikan budaya bangsanya.

Sementara itu Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto menjelaskan bahwa bela negara menekankan lima hal yaitu; cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi bangsa, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Dengan bela negara, diharapkan terbentuk karakter bangsa yang kuat yang siap menghadapi ancaman pertahanan negara yang berasal dari berbagai dimensi. Peran seorang ibu dalam bela negara adalah sebagai sekolah pertama bagi anak-anak generasi penerus bangsa dengan membangun karakter bangsa melalui generasi mudanya.

Pada silaturahmi kali ini Nora Ryamizard Ryacudu juga menyerahkan tanda terimakasih dari DWP Kemhan kepada anggota DWP Kemhan yang meraih juara harapan I dalam lomba DWP Idol tahun 2016 dan kepada tim poco-poco nusantara maraton yang meraih juara I. (npm)