Kastara.id, Jakarta – Bintan Resorts bekerjasama dengan Adventure Singapore dan Firefly Connections melakukan kolaborasi dalam penyelenggaraan even Bintan Moon Run 2016 yang akan berlangsung di kawasan Lagoi Bay, Bintan Resorts, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau pada 2 Desember 2016 mendatang.

Penyelenggaraan olahraga lari di malam hari  di pinggiran danau buatan kawasan Lagoi Bay  yang digabungkan dengan rekreasi dan hiburan musik festival ini merupakan even perdana sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) utamanya  dari Singapura saat memasuki musim liburan akhir tahun 2016.

Owner of Firefly Connections Lyndon Yeo mengatakan, Moon Run bukan hanya sekedar kompetisi lari pada umumnya, namun akan memberikan suasana berbeda bagi para peserta lari  dan sekaligus pengalaman rekreasi bagi keluarga dan teman dengan nuansa malam hari di pinggiran danau dan dihiasi cahaya bulan.

“Kompetisi lari di malam hari ini untuk pertama kali, dikolaborasikan dengan Soundscape Music Festival dimana para peserta maupun keluarga dan teman–teman mereka serta pengunjung umum lainnya yang tidak mengikuti kompetisi lari diajak untuk bergabung dalam acara rekreasi dan pesta konser musik Soundscape. Sementara para peserta lari dapat menikmati hiburan konser musik tanpa dipungut biaya atau gratis. Konser musik akan menampilkan group band ternama seperti Noah, The Angel Percussion, Don’t Ask Me Why,” kata Lyndon Yeo dalam jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta (13/10).

Moon Run melombakan lari 10 KM sprint  untuk peserta dewasa dan 1.3 Km untuk peserta anak-anak akan berlangsung pada 3 Desember 2016. Rute 10KM sprint sangat cocok diikuti bagi atlet dari berbagai level yang baru mencoba kompetisi atau pertama kali ataupun yang telah rutin mengikuti ajang lomba. Untuk pendaftaran telah dibuka secara online melalui website, dan peserta dewasa yang membawa keluarga diajak juga untuk mengikut sertakan dan mendaftarkan anak-anak mereka dalam kompetisi untuk kategori anak-anak.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bintan menyambut baik penyelenggaraan even Bintan Moon Run 2016 dalam rangka menarik kunjungan wisatawan ke Bintan. “Bintan merupakan destinasi andalan dalam meraih kunjungan wisatawan, terutama wisman dari negara tetangga Singapura sebagai pasar utama,” kata Apri Sujadi.

Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara mengatakan, kontribusi kunjungan wisman dari Great Bintan/Batam tahun ini ditargetkan sebanyak 2,6 juta wisman, dari 12 juta wisman sebagai target nasional. “Banyak even sport tourism internasional diselenggarakan di Bintan sehingga makin menguatkan posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia,” ujarnya. (sit)