Kastara.id, Jakarta – Sebagai upaya mempercepat getok tular pengguna internet yang cerdas, kreatif, dan produktif di kalangan generasi muda, Direktorat Pemberdayaan Informatika Dirjen Aptika mengadakan Pemilihan Duta Internet Cakap 2016. Duta internet cakap adalah sosok generasi muda yang cerdas, kreatif, dan produktif yang mampu menularkan pemanfaatan internet ke lingkungan sekitarnya serta masyarakat Luas.

Hal itu diutarakan Direktur Pemberdayaan Informatika Septiana Tangkary pada acara pengumuman pemenang Duta Incakap 2016 di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo (13/10). “Untuk menjadi duta Internet cakap yang hari ini akan diumumkan pemenangnya, sebelumnya dilakukan seleksi melalui penilaian karya dan kelengkapan administrasi peserta. Sehingga terpilihlah 22 (duapuluh dua) peserta dari 13 provinsi,“ ujar Septiana.

Ke-22 orang yang terpilih lalu mengikuti bootcamp selama tiga hari hingga di tahap akhir adalah penilaian oleh juri yang antara lain terdiri dari Didik Partono (INIXINDO), Irwin Day (Sekjen FTII), Hilman Almadani (Psikolog Yayasan Kita dan Buah Hati), dan M Yamin dari Nawala Nusantara, serta Direktur Pemberdayaan Informatika Septriana Tangkary.

Akhirnya terpilihlah dua Duta Internet CAKAP Nasional 2016 yang mempunyai skill, attitude, dan karya yang terbaik. Diharapkan Duta Incakap 2016 dapat menjadi driver, akselator, dan enebler di manapun berada. (nad)