Categories: Berita

Tinggal 9 Juta Penduduk Indonesia Belum Rekam KTP Elektronik

Kastara.id, Yogyakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (Pemda) proaktif dengan program jemput bola pelayanan KTP Elektronik (KTP El). Saat ini masih tersisa sekitar 9 juta penduduk Indonesia yang tercatat belum melakukan perekaman data kependudukan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, dari 254 juta penduduk Indonesia, ada kira-kira 183 juta orang yang merupakan wajib KTP. Pada 2016 lalu, terhitung masih 22 juta penduduk yang belu merekam data dan memiliki KTP El, namun kini angkanya sudah menyusut.

“Per hari ini dari 22 juta sudah menyusut tinggal lebih kurang 9 juta penduduk yang belum merekam data. Kita harapkan paling lambat pertengahan tahun depan yang 9 juta ini sudah rekam datanya,” kata Tjahjo pada acara ‘Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2016’ di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta.

Untuk jangka pendek, mulai Oktober sampai Januari 2017, perekaman data KTP El difokuskan di 101 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak. Bagi yang sudah melakukan perekaman namun belum mendapat KTP El maka akan diberikan surat pengantar untuk menggunakan hak pilihnya.

Sebanyak 101 daerah ini diminta melakukan program jemput bola. Tjahjo mengatakan bahwa sampai saat ini kabupaten/kota yang membuat program jemput bola belum mencapai 20 persen. Pemerintah menargetkan, pada 2017 nanti setiap kecamatan sudah bisa melakukan perekaman. (raf)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…