Kuliah Tamu Univ Maliki

Kastara.id, Malang – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan Kuliah Tamu, di UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki), Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/10) sore.

Kuliah Tamu yang mengangkat tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Prestasi Olahraga Nasional” dihadiri oleh civitas akademika beserta Rektor Abdul Haris dan Wali Kota Malang Mochamad Anton.

Berbicara tentang prestasi olahraga Indonesia mendatang, sebagai barometer awal dapatlah dilihat dari situasi seluruh elemen masyarakat termasuk para mahasiswa di saat sekarang. Sebuah keberhasilan tidak datang tiba-tiba, namun ada serangkaian perjuangan panjang yang dilaluinya.

“Bila menginginkan prestasi olahraga Indonesia gemilang di tahun-tahun mendatang, dari sekarang harus didorong seluruh lapisan masyarakat untuk gemar berolahraga, dorong terus untuk tidak mager (malas gerak). Mahasiswa jangan berolahraga hanya untuk memenuhi kewajiban akedemisnya semata, jadikan olahraga kehidupan kita sehari-hari,” ucap Menpora mengawali kuliahnya.

Menpora yang alumni UINSA itu juga mengapresiasi bahwasanya di UIN Maliki menempatkan olahraga menjadi salah satu bagian penting penggemblengan mahasiswanya, terukti dengan adanya Liga Mahasiswa yang mempertandingkan lima cabang olahraga.

“Saya senang di sini ada Liga Mahasiswa, karena inti dari olahraga adalah nilai sportivitas, sehingga setiap mahasiswa yang suka berolahraga berarti telah berusaha menanamkan nilai luhur kejujuran atau sportif,” tambahnya.

Peran mahasiswa sangat dibutuhkan, karena dukungan dari segala lini akan menjadikan prestasi dan harga diri bangsa dapat dipertaruhkan di mancanegara.

“Simbol harga diri bangsa kita di luar negeri ditumpukan pada dua hal yaitu kedudukan Presiden dan prestasi atletnya, karena hanya dua itu yang dapat mengibarkan bendera Merah Putih di manca negara. Ambillah peran dengan gemar berolahraga sejak dini, jadikan kampus basis pembinaan olahraga, dari situ diharapkan muncul atlet-atlet berprestasi yang mengharumkan Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu Rektor UIN Maliki Abdul Haris melaporkan bahwa perkembangan kampus semakin pesat, saat ini jumlah mahasiswa sudah mencapai 15.000 dan terdapat mahasiswa dari berbagai negara seperti dari Jerman, China, Malaysia, Singapura. Ada tiga kampus besar dan untuk kampus 3 direncanakan dibangun GOR.

“Perhatian UIN Maliki yang kini memiliki 15.000 mahasiswa dan tiga kampus terhadap olahraga sangat besar, Insya-Allah di kampus 3 akan dibangun GOR, semoga dapat melahirkan atlet-atlet handal,” katanya.

Kulaiah Tamu diakhiri dengan tanya jawab yang merepresentasikan para mahasiswa dan dosen, dan sebagai kenang-kenangan seperti biasa Menpora berbagi bola sebagai tanda bahwa harapan akan kejayaan olahraga Indonesia selalu digaungkan. Hadir pula Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) Maskuri, dan para Warek UIN Maliki. (tri)