Palapa Ring

Kastara.ID, Jakarta – Proyek jaringan serat optik internet cepat yang mencakup seluruh wilayah Indonesia mulai dari ujung barat hingga ujung timur atau yang dikenal dengan proyek Palapa Ring telah selesai dibangun. Peluncuran Palapa Ring ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Presiden hari ini, Senin (14/10) pukul 10.00.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, dalam acara peresmian, turut hadir sejumlah pejabat negara untuk melihat pembangunan Palapa Ring dari awal hingga selesai. Selain itu dalam peresmian Palapa Ring akan diadakan uji coba video conference antara Presiden Jokowi dengan Bupati Merauke, Danlantamal, Wakil Gubernur Papua Barat, Wakil Wali Kota Sorong, Wakil Gubernur NTT, Bupati Kabupaten Rote Ndao, Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Panajam Paser Utara, serta Wakil Wali Kota dan Sekretaris Daerah Sabang.

Rudiantara menjelaskan, proses pembangunan Palapa Ring Timur sudah selesai pada Agustus 2019. Pembangunan bagian timur lebih lama dibandingkan bagian barat dan tengah karena terkendala infrastruktur dan beberapa wilayah sulit dijangkau.

Palapa Ring merupakan proyek pembangunan jaringan optik yang menjangkau 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer dan kabel di daratan sepanjang 21.807 kilometer. (yan)