Topan Hagibis

Kastara.ID, Jakarta – Terjangan Topan Hagibis yang menghantam wilayah Tokyo, Jepang, mengakibatkan korban tewas 35 orang.

Rincian jumlah korban tewas karena topan menyebabkan tanah longsor dan banjir di berbagai kawasan perumahan dan bangunan pada Ahad (13/10) dini hari.

Puluhan korban tewas kemudian dievakuasi dari berbagai perumahan serta kendaraan yang terendam banjir dan bangunan yang hancur akibat tanah longsor. Lima korban di antaranya merupakan awak kapal warga negara China yang tewas setelah kapal mereka tenggelam di Pelabuhan Tokyo, Sabtu (12/10) malam.

Evakuasi telah dilakukan dengan mengerahkan 110 ribu petugas penyelamatan, termasuk 31 ribu tentara, untuk menyelamatkan para korban selamat mulai Ahad dini hari dengan menggunakan perahu karet di wilayah Kawaoge.

Tidak hanya di perumahan, evakuasi dilakukan pada empat awak kapal dari China, Myanmar, dan Vietnam yang selamat di pelabuhan, dilaporkan tiga orang lain awak kapal yang masih hilang.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) telah mengeluarkan peringatan hujan deras tingkat tertinggi ketika Topan Hagibis muncul pada saat puncaknya. Pihak JMA juga telah mengimbau lebih dari tujuh juta warganya untuk melakukan evakuasi secara sukarela.

Topan yang telah berpindah dari wilayah Tokyo pada Ahad pagi itu menyebabkan banjir di berbagai wilayah dan merusak berbagai fasilitas seperti kereta peluru (Shinkansen).

Beberapa pertandingan Piala Dunia Rugby juga terpaksa dibatalkan, meski Jepang sempat memenangkan laga melawan Skotlandia pada Ahad kemarin. (put)