Liga 1 Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Delapan klub peserta kompetisi Liga 1 Indonesia mengajukan verifikasi lisensi klub Asian Football Confederation (AFC). Hal ini sebagai persyaratan agar bisa tampil dalam kompetisi antar klub sepakbola Asia pada tahun depan.

Club Licensing Committee Timmy Setiawan mengatakan, dari delapan klub tersebut, enam di antaranya lolos dengan status ‘Granted’, yakni Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, PSM Makassar, dan Arema FC Malang. Sedangkan dua klub, yakni Bali United dan Bhayangkara FC mendapat status ‘Granted with Sanction.’ Akibatnya Bali United dan Bhayangkara FC wajib memperbaiki beberapa persyaratan lain dan harus selesai sebelum berguliranya musim kompetisi AFC 2020.

Timmy menembahkan, lolosnya enam klub kali ini adalah pencapaian luar biasa. Pasalnya tahun lalu hanya tiga klub yang mendapat status ‘Granted.’ Timmy menjelaskan pada AFC Club Licensing 2019 ini, terdapat lima kriteria penilaian yang dievaluasi, yakni Sporting, Infrastructure, Personnel & Administration, Legal, dan Finance.

Sementara itu Direktur PT Persebaya Indonesia Candra Wahyudi mengaku bersyukur timnya lolos dan berhasil mengantongi lisensi AFC. Candra menyebut keberhasilan ini sebagai hasil dari kerja keras seluruh anggota klub. Terlebih tahun lalu Persebaya gagal mendapatkan lisensi tersebut.

Candra menambahkan, dari lima kreteria yang dipersyaratkan, Persebaya berhasil memenuhi semuanya. Menurutnya, jika satu saja tidak terpenuhi maka lisensi tidak bakal diberikan. (lan)