Gowes Monalisa

Kastara.ID, Depok – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial (Aspemkesos) pada Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Depok, Sri Utomo bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Manto, melakukan Gowes Monalisa (Menikmati Harmoni Jogya dengan Lima Jalur Sepeda Wisata) bersama 53 kepala daerah. Selain memupuk kebersamaan, olahraga bersepeda ini dilakukan untuk menjaga kondisi dan imunitas di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi keluarga besar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang sekarang ada kegiatan Rakernas di Kota Jogja ini melakukan kegiatan gowes bersama dengan seluruh wali kota, Bappeda, dan seluruh unsur-unsur,” ujar Sri Utomo, usai mengikuti Gowes Monalisa, Yogyakarta, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Kamis (14/10).

Sepanjang perjalanan sekitar 5,2 Km, para peserta gowes disuguhkan dengan kearifan lokal Yogyakarta. Salah satunya ketika melewati makam keraton, mereka diminta turun sambil menuntun sepedanya.

“Yang berkesan bagi saya, ketika para peserta diminta untuk turun saat melewati makam kraton tersebut, baik pesepeda maupun yang naik motor harus turun dan didorong. Yogyakarta menunjukkan kepada kita semua bahwa kita harus menghormati leluhur,” ujarnya.

Sementara Kepala Diskominfo Kota Depok Manto merasa terkesan dengan penataan fasilitas dan jalur pejalan kaki yang ada di Jalan Malioboro. Ia pun berharap hal tersebut dapat diterapkan di Kota Depok.

“Ketika kita lewat Jalan Malioboro di kiri kanan tempat jalan kaki, tempat duduk-duduk santai lumayan indah, hal itu menunjukkan jalan ramah pejalan kaki dan bagi turis juga,” jelasnya. (dha)