TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)

Kastara.ID, Depok – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di Depok 15 September-14 Oktober 2021 telah berakhir. Hal itu ditandai laporan dari Kapten Inf Ibrahim kepada Komandan Kodim 0508 Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, di Aula Teratai Gedung Baleka Depok, Kamis (14/10).

Hadir pada penutupan TMMD 112 Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar, Kejari Depok Sri Kuncoro, Sekda Depok Supian Suri, Kepala Dinas DPAPMK Nessi Anisa Handari, Camat Sawangan Anwar Nasihin, serta Lurah Pengasinan dan Bedahan.

TMMD yang sudah selesai dikerjakan, salah satunya membuat saluran air untuk mencegah genangan air saat hujan. Saluran air yang dibuat sepanjang 200 meter dengan lebar 40 x 60cm. Pembangunan fisik di Kelurahan Bedahan berupa renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), terletak di RT 05/07 dan RT 05/01, serta Posyandu.

Kepala Penerangan Kodam Jaya (Kapendam Jaya) Kolonel (Arh) Herwin Budi Saputra menjelaskan, pada TMMD 112 kali ini dikerjakan pembangunan fisik dan nonfisik. Untuk fisik, terdapat beberapa pengerjaan yaitu pengecoran jalan, normalisasi saluran air, dan rehab rumah.

Sasaran nonfisik berupa penyuluhkan kenakalan remaja, bela negara, bahaya narkoba, dan bahaya radikalisme, hingga pembuatan tanaman hidroponik dan peternakan. Personel yang diterjukan sebanyak 150 orang, terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri.

“Harus disadari dan dipahami oleh masyarakat, termasuk aparatur di wilayah bahwa ini sesuatu yang harus kita syukuri di masa pandemi. Karena masih ada warga negara yang peduli kepada masyarakat. Kami prajurit-prajurit yang mau berkorban dengan tenaga, semangat juangnya yang tinggi untuk merealisasikan pembangunan di wilayahnya,” kata Kapendam Jaya.

Sekda Depok Supian Suri mengatakan, atas nama pribadi maupun Pemerintah Kota Depok mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI dan Polri, dengan bantuan mereka tugas yang ada dapat diselesaikan tepat waktu.

“Jadi mengurangi pembuatan jalan lingkungan dan rumah tidak layak huni dapat dikerjakan berkat bantuan dari TNI-POLRI dalam Program TMMD 112 ini,” papar Supian Suri.

Sekda berharap terus bersinergi dengan TNI-POLRI dengan kerja samanya hubungan kita semakin erat demi pembangunan di Depok. Karena tujuan dan program kita sama di antaranya masalah narkoba, kesehatan, pendidikan, sekarang ini fokus masalah vaksin dengan TNI-POLRI.

Sekda Depok berpesan kepada warga yang telah dibangun rumahnya serta saluran air untuk warga Kelurahan Bedahan dan Kelurahan Pengasinan untuk dijaga bersama. (*)