PON XX Papua

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal Sembiring Depari memberikan pujian terhadap penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang secara resmi berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Menurutnya, hingga sehari sebelum upacara penutupan secara keseluruhan pelaksanaan PON berjalan dengan aman dan lancar.

“PON XX Papua ini sukses luar biasa. Sampai hari ini PON berjalan dengan lancar. Meskipun ada kekurangan-kekurangan di sana sini itu relatif kecil dan sudah dievaluasi dan diatasi KONI Pusat dengan PB PON,” kata Atal dalam acara virtual meeting dengan Menpora RI, Zainudin Amali bersama para wartawan bertajuk “Evaluasi Pelaksanaan PON XX Papua 2021”, Kamis (14/10) siang.

Bahkan kata dia, dalam pelaksanaan PON XX ini, sejumlah atlet dari cabang olahraga berhasil mencatatkan rekor nasional dan dunia.

“Pertandingan-pertandingan ini saya monitor, semua berjalan lancar. Bahkan berhasil memecahkan rekor PON, nasional, Asia, bahkan dunia. Saya kemarin dapat informasi dunia sudah pecah rekor di sini Panjat Tebing ini kan luar biasa, semua dipecahkan di PON ini,” pungkasnya.

Sementara dari aspek keamanan berjalan dengan aman dan kondusif. Padahal, sebelumnya soal keamanan ini yang sangat diragukan masyarakat.

“Kemudian selama saya beberapa hari di sana (Papua) saya merasakan gairah masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan pertandingan. Luar biasa tingginya,” katanya.

Di sisi lain, kegiatan PON ini juga membawa dampak positif terhadap ekonomi masyarakat di Papua khususnya di Jayapura yang dinilai menggeliat luar biasa.

“Sering sekali sampai jam 7 malam (WIT) restoran sudah habis makanannya, luar biasa, indikator begini bisa kita lihat. Jadi Papua yang semula kita ragukan melaksanakan PON, bahkan semuanya berlangsung dengan lancar, meriah dan sukses. Papua sudah sukses sebagai penyelenggara, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses prokes,” pujinya.

Meski demikian, Atal mengakui ada peroalan protokol kesehatan yang sempat muncul dengan adanya beberapa atlet yang positif COVID-19. Namun hal itu sudah tertangani dengan baik panitia.

Oleh karena itu, dia juga mendorong agar ada kebijakan dari daerah-daerah untuk melakukan karantina kepada atlet setelah kembali dari Papua.

“Jadi secara umum semua sudah berlangsung sukses. Saya berani mengatakan ini luar biasa sukses, ini di luar dugaan kita,” jelasnya.

Sementara Menpora Amali mengatakan kesuksesan PON XX ini berkat kerja sama semua kementerian terkait dan didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua, pihak kepolisian, TNI, serta stakeholder lainnya.

“Kita gotong royong sehingga ini bisa sukses, sekaligus memupus kekhawatiran orang selama ini yang muncul terkait pelaksanaan PON. Saya harap sukses prestasi, sukses pelaksanaan, sukses ekonomi, dan sukses penerapan protokol kesehatan bisa tercapai,” ujar Menpora Amali. (tra)