MPP Kabupaten Bombana

Kastara.ID, Bombana – Masyarakat Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara kini akan dimanjakan dengan kemudahan mengakses pelayanan administrasi, perizinan, dan non-perizinan. Kamis (14/10), Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bombana siap diresmikan dan hadir untuk melayani masyarakat.

Peresmian MPP yang pertama di wilayah Sulawesi Tenggara ini akan dilakukan oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) Diah Natalisa bersama dengan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, serta Bupati Bombana Tafdil. Sebelumnya, telah dilakukan soft launching MPP Kabupaten Bombana pada November 2020.

“Pelayanan publik yang cepat dan terintegrasi kini hadir di Kabupaten Bombana melalui MPP, yang merupakan MPP pertama di Sulawesi Tenggara dan MPP ke-45 di Indonesia,” ujar Deputi Diah Natalisa di Bombana, Sulawesi Tenggara (13/10).

Berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kel. Kasiputi, Kec. Rumbi dan menempati lahan seluas 1.876 meter persegi, terdapat 14 organisasi perangkat daerah (OPD), BUMN, serta layanan perbankan yang tergabung di MPP Bombana. Masyarakat Bombana yang tersebar di 22 kecamatan, 22 kelurahan, dan 121 desa ini dapat menikmati sebanyak 156 layanan di MPP tersebut.

MPP Kabupaten Bombana juga dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana dan fasilitas, sehingga masyarakat dapat mengakses pelayanan dengan nyaman. Fasilitas yang tersedia antara lain mesin antrean, ruang tunggu, ruang pengaduan, ruang bermain anak, ruang laktasi, toilet, musala, kantin, serta tempat parkir kendaraan roda empat dan roda dua. Di masa pandemi Covid-19 yang belum usai ini, protokol kesehatan ketat juga turut diberlakukan.

“Kami sangat menyambut baik hadirnya MPP di Kabupaten Bombana ini sebagai transformasi pelayanan serta bukti keseriusan pemerintah untuk mendekatkan diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Diah.

Bukti keseriusan ini ditunjukkan Pemerintah Kabupaten Bombana, dimana Bupati Tafdil turut serta menandatangani komitmen penyelenggaraan MPP di tahun 2021 dengan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada awal tahun ini. Selain itu, pembangunan gedung MPP yang hanya memakan waktu tiga bulan juga menjadi bukti keseriusan dan kecepatan untuk mempermudah masyarakat Bombana.

Plt. Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III Kementerian PANRB Muhammad Yusuf Kurniawan menyatakan bahwa Kementerian PANRB turut mendampingi semangat pembangunan MPP Kabupaten Bombana ini. Dikatakan, berbagai masukan untuk peningkatan kualitas pelayanan dan sarana prasarana serta pengintegrasian pelayanan pun diberikan hingga akhirnya MPP Kabupaten Bombana siap untuk diresmikan.

“Peresmian MPP Kabupaten Bombana yang pertama di Sulawesi Tenggara ini diharapkan menjadi percontohan bagi kabupaten dan kota lainnya di wilayah Sulawesi Tenggara,” tutup Yusuf. (wepe)