Keuangan Negara

Kastara.id, Jakarta – “Selamat melaksanakan Simposium Nasional. Semoga dapat meningkatkan mutu kebijakan keuangan negara dengan basis penelitian data dan evidence untuk membangun efektivitas kebijakan fiskal mencapai kesejahteraan dan keadilan,” pesan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat membuka Simposium Nasional Keuangan Negara di Aula Pusdiklat Pajak, Jakarta, Rabu (14/11).

Pada Simposium bertema “Penguatan Kebijakan Keuangan Negara Berbasis Riset”, Menkeu mengutarakan pentingnya terus melakukan perbaikan kebijakan keuangan negara. Ia pun sangat mengapresiasi upaya Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) untuk mengefektifkan kebijakan keuangan negara berbasis riset.

“Saya sangat impress dengan banyaknya makalah yang akan di-present dua hari ini. Saya surprise dan bahagia untuk datang ke simposium ini,” tuturnya.

Di era kemajuan teknologi, masyarakat dibanjiri dengan berbagai informasi. Oleh karena itu, Menkeu mengingatkan agar tradisi riset terus dipertahankan. Banyak topik kebijakan keuangan negara yang dapat dan perlu dikupas lebih dalam.

Dengan metodologi evidence based, ia berharap penyusunan kebijakan keuangan negara dapat dipertanggungjawabkan dengan lebih baik.

“Kita (harus) membanjiri masyarakat dengan hal-hal positif, konstruktif, kualitas membaik, secara intelektual lebih puas, sehingga kualitas bangsa menjadi meningkat. Ini yang saya sebut bangsa Indonesia yang terus menerus memperbaiki martabat,” pungkasnya. (mar)