Raffi Ahmad

Kastara.ID, Jakarta – Kuasa hukum mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS), Aziz Yanuar meminta Raffi Ahmad dan beberapa selebriti lain diproses hukum. Pasalnya mereka kedapatan melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berkecamuk di Indonesia, terutama Jakarta.

Saat memberikan komentar (14/1), Aziz meminta pemerintah bersikap adil dan memperlakukan mereka seperti yang diterima HRS. Terlebih saat menghadiri acara pesta itu, Raffi Ahmad baru saja mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Istana Negara. Raffi disuntik bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga mendapat vaksinasi perdana.

Aziz mengatakan, seharusnya hukum berlaku sama kepada semua warga negara. Jika HRS diberikan sanksi pidana, para peserta pesta itu harus mendapat hukuman yang sama. Pemerintah harus bisa bersikap adil dan membuktikan Indonesia adalah negara hukum. Jika tidak, Aziz menyebut hal ini sebagai bentuk kesewenang-wenangan.

Aziz menambahkan, hingga saat ini aparat belum menunjukkan tanda-tanda bakal mengenakan sanksi atau melakukan tindakan terhadap Raffi Ahmad dan peserta pesta lainnya. Termasuk Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang juga hadir di acara yang diselenggarakan di Jakarta Selatan itu.

Aparat hanya sekadar memberikan teguran saja tanpa ada tindakan yang lebih tegas. Aziz menyebut hal ini sebagai penegakan hukum yang diskriminatif. Selain itu sikap aparat juga tidak berkeadilan yang nyata dan terang benderang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Raffi Ahmad kedapatan berkumpul dengan teman-temannya sesama artis dan selebriti pada Rabu (13/1). Padahal pada pagi harinya Raffi baru mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Raffi termasuk dalam penerima vaksin perdana bersama Presiden Jokowi dan beberapa pejabat lainnya.

Raffi terpilih mendapat vaksinasi pertama sebagai perwakilan kaum milenial. Hal ini diharapkan bisa menjadi contoh dan membantu upaya pemerintah menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Terpilihnya Raffi juga diharapkan mendorong kaum milenial lebih patuh terhadap protokol kesehatan.

Melalui unggahan di akun Instagram @anyageraldine, milik artis Anya Geraldine, Raffi diketahui hadir di sebuah pesta. Unggahn serupa juga ada di akun Instagram milik Raffi, @raffinagita1717. Dalam unggahan tersebut Raffi dan teman-teman selebritinya terlihat tidak mengenakan masker. Mereka juga tidak menjaga jarak sesuai ketentuan dalam protokol kesehatan. (nad)