Mohammad Fitriawan

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) telah melaksanakan sejumlah program serta kegiatan pemberdayaan dan pengembangan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) selama tahun 2020. Program dan kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan mereka sehingga usahanya semakin berkembang.

Kepala DKUM Kota Depok Mohammad Fitriawan menuturkan, adapun program pemberdayaan meliputi pelatihan Wirausaha Baru (WUB), Pelatihan Keamanan Pangan (PKP), Pelatihan Laik Sehat, dan Pelatihan Kemasan Produk. Selain itu, digelar juga kegiatan pelatihan pengembangan usaha bagi para pelaku UMKM.

“Untuk pelatihan pengembangannya yaitu pelatihan digital marketing, Diklat Manajemen Keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemasaran,” tuturnya seperti dilansir berita.depok.go.id, Jumat (15/1).Kemudian, lanjutnya, menyelenggarakan bazar produk UMKM, mengikutkan pada berbagai pameran di wilayah serta memfasilitasi legalitas produk. Seperti Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), Halal, dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Dikatakannya, sejak 2017 hingga 2020, jumlah pelaku UMKM yang telah dibina sebanyak 4.540 orang. Dengan rincian, Wirausaha Baru (WUB)1.300 orang, pelatihan kemasan produk 470 orang, digital marketing 563 orang, dan legalitas produk 2.207 orang.

“Harapannya semoga setelah mengikuti berbagai pelatihan yang diberikan, mereka dapat mengaplikasikan ke produknya sehingga bisa menarik minat masyarakat untuk membeli,” pungkasnya. (lan)