Mangrove

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pelaksana Teknis Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (UPT PBKL) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggandeng mahasiswa tiga perguruan tinggi melakukan penanaman 5.000 bibit bakau (mangrove) di pesisir utara Pulau Tidung Besar, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Unit Pelaksana Teknis Konservasi Laut PBKL Dinas KPKP DKI Jakarta, Cecep Hermawan mengatakan, ada 30 mahasiswa dari Universitas Riau, Universitas Sudirman, dan Universitas Udayana yang dilibatkan dalam penanaman bakau ini.

Cecep mengatakan, penanaman pohon bakau ini dilakukan melibatkan mahasiswa untuk memperluas area penghijauan di pesisir utara Pulau Tidung Besar, Kelurahan Pulau Tidung Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

“Kita libatkan mahasiswa sebagai sarana edukasi agar mereka lebih mencintai lingkungan. Penanaman bakau ini penting untuk perlindungan kawasan pesisir dari abrasi dan menjaga ekosistem,” ujarnya (14/1).

Cecep menjelaskan, bibit bakau yang ditanam merupakan hasil pengembangan atau budi daya di Pusat Konservasi Pulau Tidung Kecil.

“Kita ingin lebih banyak lagi melibatkan mahasiswa, pelajar, maupun komunitas-komunitas dalam penanaman bakau ini. Kita ingin Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata juga dapat menjadi sarana edukasi konservasi,” tandasnya. (hop)