Banten

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan logistik kepada korban gempa dengan magnitudo 6,6 yang terjadi di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada Jumat (14/1), pukul 16.05 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Barang logistik itu berupa makanan siap saji sebanyak 1.200 paket, air minum kemasan 100 dus, selimut sebanyak 200 lembar, tenda gulung 300 lembar, kasur 200 lembar, tenda 6 unit, matras 200 lembar, popok bayi 200 paket, pembalut wanita 300 pak, tenda keluarga 50 unit, dan genset.

Selanjutnya, bantuan Kemensos itu dikirim dari Gudang Bekasi ke lokasi terdampak di Pandeglang pada Jumat (14/1) malam sebagaimana dilansir laman resmi Kemensos, Sabtu (15/1).

“Untuk memastikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Pepen Nazaruddin akan tiba di lokasi pagi ini,” kata Kemensos.

Selain itu, Kemensos melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah bekerja bersama-sama unsur penanganan bencana lainnya menangani dampak bencana.

Tagana melakukan pendataan, mengevakuasi warga dari tempat kurang aman ke lokasi aman, menyiapkan lokasi penampungan sementara untuk kelompok rentan, seperti lanjut usia, anak-anak, penyandang disabilitas dan mendistribusikan bantuan logisitik.

Sebelumnya, berdasarkan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi, lokasi pusat gempa bumi berada di laut, di perairan selatan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang  menyatakan, jumlah rumah rusak jumlah rumah rusak di Pandeglang karena gempa mencapai 738 unit. (ant)