Kastara.ID, Depok – Untuk mengangkut tumpukan sampah yang ada di permukaan Sungai Kalibaru dan Sungai Playangan, Citayam, Satgas Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (SDA PUPR) Kota Depok, Jumat (15/2), mengerahkan tiga unit truk sampah.

Tumpukan sampah di kedua lokasi tersebut berpotensi menyebabkan banjir di wilayah tersebut.

Tumpukan sampah dari berbagai jenis sampah terlihat memenuhi aliran sungai, sehingga menghambat aliran air. Sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banjir yang kerap terjadi di wilayah tersebut dan sekitarnya.

Untuk mencegah terjadinya banjir, Satgas SDA Dinas PUPR Kota Depok di bawah komando Kabid SDA PUPR Depok Citra Indah Yulianti, diterjunkan ke lokasi tersebut.

Untuk membersihkan tumpukan sampah di kedua sungai itu, kata Citra, petugas Satgas SDA harus bekerja ekstra dan penuh kewaspadaan demi keselamatan petugas.

Selain itu, juga digunakan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah itu ke truk. “Kami kerahkan tiga unit truk pengangkut sampah,” kata Citra.

“Demi kenyamanan dan keamanan bersama, diharapkan masyarakat agar menjaga dan merawat sungai/kali dan saluran air dari sampah,” imbaunya. (rud)