Wali Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Dua hari terhitung dari tanggal 15 Februari akan berakhir masa jabatan Wali-Wakil Wali Kota Depok periode 2016-2021, Mohammad Idris-Pradi Supriatna. Namun hingga kini pihak DPRD Kota Depok belum ada tanda-tanda menerima surat pelantikan wali-wakil wali kota Depok terpilih periode 2021-2026, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono.

“Sampai saat ini kami belum mendengar dan menerima surat balasan dari Kemendagri, kalau sudah diterima pasti Pak Putra (Ketua DPRD,red) komunikasi dengan kami. Belum menerima,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Depok Tajudin Tabri.

Tajudin menegaskan bahwa pihaknya menginginkan pelantikan wali-wakil wali kota terpilih dapat dilakukan tepat waktu dan sesuai tahapan.

Pasalnya, jika Wali Kota Depok dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt), itu akan menghambat pembangunan di Depok.

“Kami ingin buru-buru dilantik dan enggak ada Plt, karena kami sudah mengalami kehadiran Plt kemarin pada saat pilkada serentak, akhirnya segala sesuatunya terhambat terlebih terkait RAPBD. Jadi penetapan RAPBD dan evaluasi Gubernur itu tertunda karena mekanismenya berubah. Kami enggak mau itu terjadi lagi, dari itu kami ingin buru-buru dilantik,” papar Tajudin.

Tajudin mendapat kabar, ada beberapa hal kepala daerah terpilih akan ditunda pelantikkannya karena akan dilakukan pelantikan serentak.

“Kami juga menanyakan, ini pelantikan serentak yang bagaimana? Kami juga mendengar ada beberapa daerah yang masih sengketa di MK. Kami bilang bahwa hal itu tidak bisa dicampuradukan gara-gara masih ada daerah yang sengketa dan Depok menjadi korban, kami enggak terima juga kalau itu alasannya,” jelasnya.

Politisi Partai Golkar itu berharap pelantikan wali-wakil wali kota terpilih dapat dilakukan sesuai tahapan.

Wakil Walikota terpilih Imam Budi Hartono berpendapat, pihaknya masih menunggu surat dari Mendagri. Sementara Depok tidak mempunyai masalah dalam pilkada kemarin. “Saya mohon doanya dari warga Depok agar pelantikan sesuai jadwal,” katanya.

Seperti diketahui, jabatan Wali-Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris-Pradi Supriatna akan berakhir pada, Rabu (17/2) esok. Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda ada pelantikan wali-wakil wali kota terpilih hasil pilkada 9 Desember 2020 lalu yakni Mohammad Idris-Imam Budi Hartono bakal dilakukan. (*)