MotoGP 2022

Kastara.ID, Jakarta – Tes Pra-musim MotoGP musim 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit berlangsung sukses selama tiga hari. Ini adalah aksi MotoGP pertama di Indonesia dalam 25 tahun.

Tiga hari menjajal lintasan Mandalika sangat berharga bagi pembalap, tim, dan organisasi, memungkinkan semua pihak untuk mendapatkan pengalaman di sirkuit baru sebelum dipakai balapan pertama kali pada Maret nanti.

Tes tiga hari ini juga memberikan kesempatan kepada organisasi dan badan pengatur untuk memastikan Mandalika sesuai dengan standar MotoGP dan menilai setiap perbaikan yang diperlukan sebelum debut trek di kalender Kejuaraan Dunia FIM MotoGP.

“Umpan balik dari pembalap dan tim mengenai tata letak lintasan dan standar keselamatannya, termasuk area limpasan yang luas baik aspal maupun kerikil, sangat positif,” ungkap rilis resmi MotoGP.

Selama tes, dua area perbaikan diidentifikasi, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan keseluruhan yang mempengaruhi bagian sirkuit.

“FIM, yang mengawasi homologasi trek, telah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai perbaikan yang diperlukan ini, yang akan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia.

Pemilik sirkuit, ITDC telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan dan komitmen mereka yang tinggi terhadap olahraga tersebut. Semua pihak telah bereaksi dengan cepat dan upaya perbaikan ini sudah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan,” ungkap pernyataan resmi MotoGP.

“Sirkuit akan dilapis ulang dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5. Tempat tersebut juga akan mempersiapkan Grand Prix dengan menggunakan teknologi terkemuka dunia untuk memastikan keseluruhan permukaan memenuhi standar MotoGP.

FIM dan Dorna ingin mengucapkan terima kasih kepada ITDC atas dukungan luar biasa dan reaksi cepat mereka.

Semua pihak juga ingin meyakinkan penggemar kami di Indonesia, dan semua orang di seluruh dunia bahwa Pertamina Grand Prix Indonesia 2022 akan berlangsung pada tanggal yang direncanakan, dan MotoGP sangat menantikan untuk kembali ke Lombok,” pungkas pernyataan tersebut. (tra)