Lampu

Kastara.ID, Depok – Untuk keamanan dan kenyamanan pengendara di malam hari, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok akan memasang 909 Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah titik di Kota Depok. Dengan penerangan memadai, diharapkan dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas sekaligus aksi kriminalitas yang ada di jalan Raya.

“Ratusan PJU tersebut akan tersebar di beberapa titik jalan umum dan jalan lingkungan di Depok. Total anggaran dikeluarkan kurang lebih Rp 2 miliar,” kata Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana, Jumat (15/3).

Nantinya sejumlah titik akan dipasangi PJU antara lain Jalan Margonda, Jalan GDC, dan beberapa titik jalan strategis lainnya yang cukup banyak dilalui kendaraan dan juga rawan kriminal.

“PJU di GDC hanya akan dipasang dari Kantor Pemadam Kebakaran sampai Sektor Melati, yang merupakan daerah pengelolaan Pemkot Depok, karena aset jalan itu sudah diserahkan ke Pemkot Depok. Kalau dari pintu gerbang GDC sampai Kantor PLN itu ranah pengembang,” katanya.

Menurut Dadang, saat ini Kota Depok memiliki 9.024 titik PJU. Sedangkan 900 PJU yang akan dipasang tahun ini, dalam tahap lelang.

“Sudah ada perencanannya untuk tahun ini dan tahun depan. Sekarang tahap lelang, sedangkan anggarannya berdasarkan pada anggaran pagu kelurahan dan juga Dinas Perhubungan,” jelasnya. (*)