Kastara.ID, Jakarta – Kunjungan Luhut Binsar Panjaitan ke Nasdem Tower untuk menemui Surya Paloh tentu menimbulkan spekulasi.

Hal itu diutarakan M Jamiluddin Ritonga kepada Kastara.ID, Rabu (15/3) pagi.

“Luhut tampaknya diutus Presiden Joko Widodo untuk membicarakan posisi Nasdem di pemerintahan. Kepastian itu diperlukan karena Jokowi kemungkinan dalam waktu dekat akan melakukan reshuffle setelah pengunduran diri tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga resmi diterimanya,” ungkap Jamil.

Menurutnya, kalau Nasdem tetap ingin di pemerintahan, maka tiga menterinya di kabinet Jokowi akan aman. Opsi ini tentu yang paling diinginkan Jokowi.

“Namun kalau opsi itu yang diinginkan Paloh, ada kemungkinan ia diminta untuk meninggalkan Anies Baswedan. Pilihan ini tentu simalakama bagi Paloh,” tandas Jamil.

Karena itu, Paloh tampaknya akan memilih tetap di pemerintahan dan kekeuh mengusung Anies. Pilihan itu diambil Paloh untuk menunjukkan konsistensinya mendukung Jokowi hingga 20 Oktober 2024.

“Paloh ingin menunjukkan, kalau pun Nasdem berpisah dengan Jokowi, itu bukan karena keputusan dari partainya. Perpisahan itu datang dari Jokowi, sehingga Paloh tidak dicap sebagai sosok penghianat,” ujar Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta.

Pilihan ini kemungkinan akan berdampak pada posisi Nasdem di pemerintahan. “Jokowi tampaknya akan me-reshuffle semua atau sebagian menteri dari Nasdem pada waktu dekat ini,” pungkas mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini. (dwi)