Categories: Headline

Garuda Indonesia Siapkan 61 Ribu Kursi Tambahan Lebaran

Kastara.id, Jakarta – PT Garuda Indonesia menyiapkan 61.324 kursi penerbangan tambahan untuk mengantisipasi peningkatan pergerakkan penumpang selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2017. Periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 sendiri diprediksikan akan berlangsung pada 16 Juni 2017 hingga 9 Juli 2017 (H-10 s/d H+14) baik untuk rute domestik maupun rute internasional.

Menurut Kepala Komunikasi Perusahaan PT Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar, kapasitas tersebut dilaksanakan dengan mengoperasikan pesawat berbadan besar (bigger aircraft) serta melalui pengoperasian extra flight.

Adapun komposisi penggunaan bigger aircraft dan extra flight tersebut terdiri dari 50.210 seats untuk rute domestik dan 11.114 seats rute internasional. “Melalui penambahan kapasitas tersebut, Garuda Indonesia pada periode peak season Lebaran 2017 ini secara total akan mengoperasikan sebanyak 348 frekuensi penerbangan tambahan yang terdiri 188 penerbangan ekstra dan 160 penerbangan dengan menggunakan pesawat berbadan besar (bigger aircraft),” katanya.

Adapun rute-rute penerbangan domestik dengan peningkatan kapasitas pada tahun ini antara lain Jakarta–Yogyakarta pp, Jakarta–Padang pp, Jakarta–Solo pp, Jakarta–Semarang pp, Jakarta–Surabaya pp, Jakarta–Denpasar pp, Surabaya–Balikpapan pp, Bandung–Denpasar pp, dan
Makassar–Balikpapan pp. Sedangkan untuk rute internasional di antaranya Jakarta–Kuala Lumpur pp, Jakarta–Singapura pp, dan Jakarta–Bangkok pp.

“Penambahan kapasitas penerbangan periode peak season Lebaran tahun ini meningkat sebesar 87,24 persen dari total kapasitas penerbangan ekstra pada periode yang sama tahun lalu. Peningkatan kapasitas penerbangan tersebut juga merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat akan akses layanan penerbangan pada musim periode mudik Lebaran di tahun 2017 ini,” ujarnya.

Benny juga mengungkapkan, dalam periode peak season Lebaran tahun ini, Garuda Indonesia akan mengoperasikan sejumlah jenis pesawat berbadan kecil (narrow body) dan pesawat berbadan besar (wide body) untuk memaksimalkan kapasitas penerbangan dimasing-masing rute.

Adapun jenis pesawat yang akan dioperasikan antara lain pesawat B737-800 (162 penumpang), A330-200 (222 penumpang), A330-300 (287 penumpang), dan A330-300 all economy class (360 penumpang). (dwi)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…