New Range Rover 2018

Kastara.id, Jakarta – PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) selaku diler resmi Jaguar Land Rover di Indonesia, meluncurkan generasi terbaru New Range Rover dan New Range Rover Sport untuk pasar Tanah Air.

“Dua model Range Rover yang sekarang semakin cantik. Range Rover Sport diperkenalkan 2013 dan sekarang masuk ke generasi kedua,” ujar Brand Director Jaguar Land Rover Jentri Izhar, di Jakarta (14/5).

Menurut Jentri, New Range Rover mengusung teknologi terbaru yang meningkatkan efisiensi dan kapabilitas. SUV mewah asal Inggris ini juga berevolusi dari segi interior maupun eksteriornya, termasuk sektor dapur pacunya.

Dalam presentasinya, Product Planning Jaguar Land Rover Tommy Handoko memaparkan bahwa New Range Rover dibekali teknologi Gesture Sunblind yang dapat membuka sunblind melalui kendali gesture dengan melambaikan tangan dan teknologi Air Cabin Ionisation yang menggunakan partikel air bermuatan nano untuk membersihkan dan memurnikan udara dalam kabin.

Sementara desain interiornya, kini kursi depan dapat diatur dalam 24-arah berkat penggunaan rangka kursi yang baru. “Susunan kursi belakang dapat diatur eksekutif seat, memiliki cushion lebih dalam dan power recline 40 derajat.” ujar Tommy.

Kursi dapat dibaringkan hingga 40 derajat. Ruang kaki juga bertambah 186 mm menjadi 1,206 mm untuk Range Rover LWB. Semua fungsi kursi juga dapat dikendalikan melalui aplikasi di ponsel pintar.

Kabinnya juga sudah terintegrasi dengan sistem infotainent Touch Pro Duo yang menggabungkan dua layar sentuh 10 inci di bagian tengah. Terdapat pula 17 titik koneksi, mulai dari soket sumber listik, USB, HDMI hingga soket 12-volt. Selain itu, kabin dilengkapi pula dengan hotspot Wi-Fi 4G.

“New Range Rover memperbarui desain eksterior mulai dari front grille, new bumper, matrix LED, dan dynamic integrated exhaust,” kata Tommy.

Untuk menunjang berkendara di segala medan, Range Rover ini telah memiliki fitur Terrain Response milik Land Rover yang sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan.

Di Indonesia, WAE saat ini menawarkan New Range Rover dengan pilihan mesin V6 3.0L dengan supercharger yang diklaim mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 340 PS dan torsi maksimal 450 Nm. New Range Rover tersedia dalam dua varian di Indonesia yaitu Range Rover 3.0 SWB dengan harga Rp 3,699 miliar (off the road), dan Range Rover 3.0 LWB dengan harga Rp 4,199 miliar (off the road).

Sementara itu New Range Rover Sport juga sudah dibekali sistem infotainment Touch Pro dengan layar sentuh 10 inci. Mobil tersebut juga didukung teknologi Cabin Air Ionisation agar menjaga udara di dalam kabin tetap bersih.

Perbedaan dari “saudaranya” yang lebih premium, New Range Rover Sport dilayani oleh 14 poin sumber listrik. Perubahan eksterior si bagian depan, terlihat pada lampu depan Matrix LED dan juga bumper desain baru, serta Daytime Running Lights (DRL) khas Range Rover Sport.

Di Indonesia, Range Rover Sport terbaru kali ini mendapatkan pilihan mesin V6 3,0 liter yang telah mendapatkan suntikan supercharger. Mesin ini disebut mampu menghasilkan tenaga puncak 340 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 450 Nm pada 3.500 rpm.

Dengan transmisi otomatis 8-speed-nya mengantarkan tenaga pada keempat rodanya, Range Rover Sport generasi kedua ini diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 7,2 detik dengan konsumsi bahan bakar yang diberikannya berkisar 10,8 liter/100 km.

Soal harga, New Range Rover Sport 3.0 dibanderol Rp 2,999 miliar (off the road). (dwi)

New Range Rover Sport 2018