Kastara.ID, Le Mans — MotoGP Prancis 2023 yang berlangsung di Sirkuit Le Mans diwarnai banyak drama dan insiden sepanjang balapan.

Salah satunya pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang gagal finis hanya dua lap menjelang balapan berakhir.

Marquez terjatuh di Tikungan 7 Sirkuit Le Mans, sesaat setelah dilewati pembalap satelit Prima Pramac Racing, Jorge Martin.

Tapi, sebelum dilewati Martin, Marquez sudah terlihat kesulitan mengendalikan motornya ketika memasuki Tikungan.

Berbicara setelah balapan, Marquez senang secara keseluruhan dengan performanya selama akhir pekan di Prancis.

Terlebih, Marquez sudah bisa menikmati membawa motor lagi setelah sekian lama. Dia juga menegaskan bahwa lebih baik gagal finis daripada harus puas finis ke-10.

Soal kecelakannya, Marquez mengakui melakukan kesalahan karena takut di-overtake oleh duo Pramac, Martin dan Johann Zarco.

Marquez takut kehilangan poidum dan membuatnya melakukan segala cara untuk mempertahankan posisi, sayangnya dia mengalami kesialan menjelang balapan selesai.

“Saya menikmati diri saya sendiri seperti anak kecil, saya mengendarai motor seperti yang sudah lama tidak saya lakukan. Tapi saya juga lelah karena saya akan mencapai limitnya. Saya lebih suka finis seperti ini daripada puas di posisi kesepuluh,” ungkap Marquez seperti dilansir rilis resmi Box Repsol via Twitter.

Marquez menjelaskan, dirinya melakukan kesalahan karena takut dilewati Martin, karena setelah itu ada Zarco di belakangnya.

“Ketika ada dua lap tersisa, saya melihat podium begitu dekat… sehingga saya ingin menghindari Martín melewati saya, karena yang berikutnya adalah Zarco. Dan di situlah saya melakukan satu-satunya kesalahan balapan,” jelas Marquez.

“Untuk memperebutkan gelar juara, motor harus siap. Saya siap, tapi kita tidak bisa selalu membalap sampai limit. Di sini ban keras membuat kami menyelamatkan balapan, itu adalah risiko, tapi kami harus menerimanya,” imbuh Marquez.

“Sasis baru sedikit berkontribusi, tapi itu bukan solusi, kita masih jauh. Saya akan terus menuntut diri saya sendiri dan saya akan terus berjuang sampai akhir seperti yang telah saya lakukan hari ini dan seperti yang akan terus saya lakukan. Kami akan menunggu hal-hal yang datang dari (Honda) Jepang,” tandas Marquez.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Mugello, Italia (11/6). Jadi tiga pekan istirahat sebelum pembalap mulai kembali ke lintasan. (tra)