Fabio Quartararo

Kastara.ID, Barcelona – Pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo berhasil meraih pole position di MotoGP Catalunya, Sabtu (15/6). Pembalap asal Prancis tersebut mampu menorehkan lap terbaiknya 1 menit 39,484 detik.

Posisi kedua dan ketiga diraih pembalap Repsol Honda Marc Marquez dengan selisih +0.015 detik dan pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales dengan jarak +0.226 detik.

Mengisi start lima besar, ada dua nama pembalap satelit Petronas Yamaha SRT lainnya, Franco Morbidelli dan pembalap Monster Energy Yamaha asal Italia, Valentino Rossi.

Dalam seri balapan di Catalunya musim ini dipastikan menjadi akhir pekan kualifikasi yang sempurna bagi skuad Yamaha setelah semua pembalap mereka tembus lima besar.

Sedangkan di posisi enam dan tujuh diraih dua pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Sementara tiga pembalap lainnya akan memulai balapan dari posisi sepuluh besar adalah Alex Rins (Suzuki Ecstar), Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol), dan Jorge Lorenzo (Repsol Honda).

Pembalap Factory Aprilia Gresini Andrea Iannone yang m,eraih selisih +2.021 detik akan memulai start dari posisi paling belakang di balapan Catalunya akhir pekan ini. (lan)