Repsol Honda 2021

Kastara.ID, Madrid – Akhir-akhir ini semakin banyak yang mempertanyakan tingkat persaingan di MotoGP. Kehadiran teknologi tentu sangat membantu dan membuat dunia balap semakin berkembang.

Tapi penerapan teknologi yang jor-joran malah bisa membuat balapan itu sendiri menjadi membosankan. Sekarang lebih susah menyalip dan membuat balapan kurang menarik dri sisi penonton.

Sekarang semua pembalap bisa mengerem lebih lambat dan hal inilah yang paling mempengaruhi penampilan mereka.

“Dunia MotoGP bukan hanya kompetisi, tetapi juga tontonan global yang formatnya menarik jutaan orang di seluruh dunia, tetapi tidak mudah untuk menggabungkan semua faktor tanpa membuat balapan menjadi kurang menarik,” ungkap salah satu sponsor besar di MotoGP, Repsol.

“Regulasi yang diberlakukan di kejuaraan dunia MotoGP merupakan respons yang efektif untuk membuat kompetisi berjalan seadil dan seimbang mungkin. Di masa lalu, ketika kategori baru diluncurkan pada tahun 2002, menggantikan motor 500cc yang spektakuler dan rumit, ia menikmati regulasi terbuka.

Ada semua jenis konfigurasi mesin: V5, V4, straight-four, straight-three.. Bahkan ada hingga tiga pemasok ban yang berbeda pada saat yang bersamaan. Tapi keragaman dan keterbukaan itu memberi jalan bagi beberapa ketidaksetaraan besar,” sambung artikel Repsol.

“Ketika pada tahun 2009 sistem pemasok tunggal diperkenalkan, perbedaan antara pembalap ini dihilangkan, menyamakan kondisi balapan dan menguntungkan tontonan. Sedikit demi sedikit, catatan lap dan waktu balapan disesuaikan, dan itu meningkatkan kegembiraan di lintasan.

Langkah selanjutnya diambil pada tahun 2015 dengan pengenalan Electronic Control Unit (ECU) terpadu. Elektronik juga membuat perbedaan besar, karena sangat mahal untuk dikembangkan, dan tidak semua pabrikan mampu membayar biaya seperti itu, juga tidak semua tim satelit MotoGP memiliki potensi ekonomi yang cukup untuk mengatasi peningkatan yang diperlukan untuk sistem yang kompleks ini.

Semua ini telah membawa kami ke beberapa kondisi persaingan yang sangat seimbang dan seimbang, dengan pembalap tampil di level yang luar biasa, yang membuat kami memiliki kejuaraan paling seimbang dalam sejarah, dengan hampir tidak ada perbedaan di antara mereka.

Balapan tidak lagi dimenangkan dengan gap detik yang lebar; sekarang, kemenangan atau podium ditentukan oleh sepersepuluh atau seperseribu detik,” analisis Repsol.

Lantas, apakah perkembangan teknologi ini justru membuat tontonan kini menjadi kurang menarik?

“Musim ini situasinya semakin memburuk hingga semakin rumit untuk menyalip. Menerapkan teknologi baru, seperti penggunaan elemen aerodinamis secara besar-besaran, atau sistem yang memodifikasi ketinggian sepeda untuk mendapatkan efisiensi akselerasi, membuat menyalip semakin sulit.

Anda sekarang tidak lagi hanya bergantung pada potensi mesin dan keterampilan Anda. Anda berkendara lebih cepat dan mengerem dalam waktu yang lebih singkat, dan itu membuatnya jauh lebih sulit untuk mendapatkan waktu dan meter yang cukup untuk melakukan manuver menyalip dengan aman,” pungkas artikel tersebut.

Mulai 2023 mendatang beberapa perangkat start akan dilarang penggunaannya. Bagaimana menurut Anda? (tra)