MotoGP Sachsenring 2018Marc Marquez. (motogp.com)

Kastara.id, Sachsenring – Di sesi kualifikasi MotoGP Sachsenring kemarin, pembalap Repsol Honda Marc Marquez memilih strategi yang berisiko dengan dua kali berhenti hanya dalam 15 menit. Tetapi rencana tim Repsol Honda bekerja sempurna dengan hasil maksimal meraih pole position.

Meski akan start dari posisi paling depan, tapi ada banyak pembalap yang sangat berdekatan dengan Marquez, laju mereka sama cepatntya.

Bahkan Marquez hanya unggul 0,025 detik dari posisi dua yang diraih pembalap satelit Alma Pramac Racing Ducati Danilo Petrucci dan 0,057 dari Jorge Lorenzo.

Raihan Marquez tersebut sekaligus menjadi posisi pole ke-9 berturut-turut Marquez di Sachsenring. “Saya mendorong sampai limit di semua sesi latihan dan berusaha menemukan racing line yang tepat. Ini cukup sulit, karena treknya sangat pendek. Anda harus berkendara dengan sangat lancar. Kualifikasi sangat menuntut, tetapi kami punya strategi yang sempurna,” ujar Marquez.

Untuk pertama kalinya dalam kualifikasi Marquez keluar masuk pit tiga kali, sehingga timnya mencoba ban depan yang berbeda.

“Itu sangat penting. Saya cepat sepanjang akhir pekan, tetapi saya belum pernah menunjukkan potensi penuh saya dengan ban baru. Jadi, di kualifikasi kemarin menjadi saat yang tepat untuk melakukannya. Saya sangat senang ketika saya melihat posisi saya di layar,” kata Marquez.

Marquez sampai saat ini berhasil memenangkan delapan balapan terakhir yang diikutinya di Sachsenring.

Tapi bagaimana dengan akhir pekan ini, apakah Marquez bisa mencetak kemenangan ke-9 di Sachsenring nanti? “Tidak ada yang ingat pemenang di Sachsenring dalam beberapa saat, tetapi semua orang tahu siapa yang memenangkan gelar. Peringkat di klasemen akhir lebih penting,” tegas Marquez.

Artinya, Marquez lebih mementingkan bisa menjadi juara dunia ketimbang hanya sekedar memenangi balap. Good luck! (yan)