Haji 2019

Kastara.ID, Makkah – Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid siang ini meninjau perusahaan Jawharat Asia Catering, di Awali, Makkah. Jawharat Asia bertanggung jawab untuk menyediakan konsumsi bagi jemaah haji Indonesia kloter pertama dari embarkasi Surabaya (SUB-01) yang dijadwalkan tiba di Makkah, hari ini pukul 20.00 WIB.

“Alhamdulillah saat ini pihak katering tengah menyiapkan makanan selamat datang (welcome food) bagi jemaah kloter SUB-01 yang akan tiba nanti malam,” ujar Subhan, Ahad (14/07).

Menurut Subhan, seluruh jemaah haji Indonesia yang tiba pertama kali di Makkah sebelum pukul 22.00 WAS akan memperoleh makanan selamat datang. “Makannya berisi nasi, keripik kentang, dan ayam roast, serta buah,” jelas Subhan.

Subhan juga mengecek kesiapan personil, peralatan serta bahan-bahan yang ada di dapur Jawharat Asia Catering. “Insya Allah katering sudah siap, termasuk juga penyiapan menu zonasi,” tuturnya.

 

Senada dengan Subhan, Kepala Seksi Katering Daker Makkah Benny Darmawan menuturkan bahwa Jawharat Asia Catering akan melayani penyediaan konsumsi bagi kurang lebih 4.500 jemaah haji Indonesia. Jawharat Asia Catering adalah salah satu dari 36 perusahaan katering yang akan melayani konsumsi jemaah haji di Makkah.

“Jemaah haji selama di Makkah akan memperoleh sampai 40 kali makan, serta menu zonasi,” tuturnya.

Untuk kloter SUB-01, Benny menyampaikan bahwa mereka akan memperoleh menu zonasi antara lain rawon daging, ayam geprek, serta ikan bandeng presto. “Menu zonasi akan diberikan saat makan malam pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu,” terang Benny.

Kadaker Makkah Subhan Cholid juga menilik persiapan penerimaan jemaah haji SUB-01 di Hotel Oaks yang berada di sektor 6  zona Mahbas Jin, Makkah. “Kapasitas hotel ini sekitar 1.150 orang. Nanti malam jemaah haji kloter SUB-01 akan menuju sini dulu sebelum bergerak ke Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah wajib,” kata Subhan.

Di Hotel Oaks ini, jemaah akan mendapatkan fasilitas mulai dari perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo, penggantian seprai setiap dua hari sekali, air mineral yang disediakan di tiap kamar, hingga air zamzam dalam dispenser yang disediakan di masing-masing lantai.

“Hotel juga menyediakan staf keamanan dan kebersihan selama 24 jam yang dapat dimintakan bantuan bila jemaah memerlukan,” jelas Kasie Akomodasi Daker Makkah Abduh, yang turut mendampingi Kadaker meninjau persiapan akomodasi jelang kedatangan jemaah haji di Kota Makkah.

Abduh menuturkan, selama musim haji 1440H/2019M ini, pemerintah Indonesia menyewa sekitar 43 ribu kamar yang tersebar pada 173 hotel di kota Makkah. “Penyiapannya itu dilakukan selama kurang lebih tiga bulan sejak bulan Februari,” kata Abduh.

Pihaknya pun telah mengecek satu per satu untuk memastikan tiap kamar memenuhi syarat yang ditetapkan dalam ta’limatul hajj. “Tentunya kami memeriksa seluruhnya untuk memastikan ukuran kamar, dan berapa kapasitas yang dapat ditempati, itu diperiksa seluruh kamar. Gak hanya sampling,” ujar Abduh.

Selanjutnya, Kadaker menyampaikan layanan bus shalawat pun siap beroperasi seiring kedatangan jemaah di Kota Makkah. “Saat jemaah nanti tiba dan ingin melaksanakan shalat isya di Masjidil Haram, insya Allah layanan bus shalawat sudah siap beroperasi untuk mengantar jemaah dari penginapan menuju Masjidil Haram,” jelas Kadaker Makkah Subhan Cholid. (put)