Kastara.id, Jakarta – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 pada 17 Agustus 2018 mendatang menjadi momen yang  membahagiakan bagi masyarakat Indonesia. Pada hari itu, banyak kegiatan yang dilaksanakan dan mengundang keterlibatan masyarakat, mulai dari upacara bendera sampai aneka lomba rakyat yang tentu saja sangat ditunggu-tunggu. Setiap perlombaan yang digelar di berbagai penjuru wilayah di Indonesia memiliki karaktristik dan keunikan tersendiri.

Kawasan rekreasi Ancol Taman Impian dan seluruh unit rekreasinya juga menyiapkan rangkaian acara dan lomba yang tak kalah seru. Beragam kegiatan menarik selama pekan agustusan 17-22 Agustus 2018 digelar untuk menyemarakkan hari kemerdekaan, mulai dari pertunjukan musik, karnaval kostum pinggir pantai yang dikemas dalam seaside carnival, lomba kemerdekaan hingga pengibaran bendera merah putih di dalam air yang dapat dinikmati dan diikuti oleh seluruh pengunjung.

Beda dengan upacara di tempat lainnya, pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih dilakukan di bawah air. Tepatnya akan dilakukan di Sea World Ancol. Atraksi ini memiliki keunikan tersendiri, karena melibatkan penyelam profesional bersama aktris muda berbakat yaitu Marsha Aruan yang akan melakukan pengibaran bendera Merah Putih di dalam air dengan diiringi lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah proklamasi. Unik dan selalu ditunggu-tunggu oleh pengunjung.

Tidak hanya itu, atraksi unik dalam air pun akan dipertunjukan kepada seluruh pengunjung Sea World Ancol. Atraksi bersepeda, sepak takraw, dan boxing dilakukan di dalam air dengan kedalaman 6,5 meter. Berbeda dari tahun sebelumnya, atraksi ini baru pertama kali digelar di akuarium utama Sea World Ancol. Catat jadwal penampilannya: Atraksi sepeda (pukul 10.40 WIB), Boxing (pukul 13.40 WIB) dan Sepak takraw (16.15 WIB) pada tanggal 18-22 Agustus 2018.

Panjat Pinang Kolosal
Seperti tahun sebelumnya, Ancol akan menggelar lomba panjat pinang kolosal. Jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu yaitu 188 batang pohon pinang. Semua batang pohon akan memiliki beragam hadiah senilai 1,5 juta per batang. Lomba ini dapat diikuti pada Sabtu, 18 agustus 2018 mulai pukul 14.00 WIB di Pantai Carnaval. Masing-masing batang pohon akan diperebutkan oleh dua tim dengan jumlah 4 orang per tim-nya.

Cara untuk mengikuti lomba massal ini, peserta hanya cukup melampirkan KTP dan struk pembelian tiket masuk Ancol tanggal 18 Agustus 2018. Lomba semakin seru karena diiringi dengan penampilan Raja Dangdut Legendaris Rhoma Iama bersama Soneta Group, selain itu Konser Kemerdekaan HUT RI Ke-73 akan dikuti juga artis ibukota lainnya seperti Dewi Persik, Fitri Carlina, Jenita Janet dengan jebolan bintang D’Academy, Liga Dangdut Indonesia dan Bintang Pantura yakni Lestry DA, Filda DA, Reza DA, Irwan DA, Putri DA, Aulia DA, Weni DA, Ical DA, Selfy LIDA, Rara Lida, Ridwan LIDA, Nabila LIDA, Zega BP, serta Lady Gula-Gula. Konser Kemerdekaan akan ditayangkan secara langsung di Indosiar pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018 pukul 13.30 WIB.

Tidak hanya itu, kemeriahan Hari Kemerdekaan juga akan berlangsung di Pantai Lagoon. Pengunjung dapat mengikuti beragam lomba dan hiburan seperti tarik tambang, gebuk bantal, lari matras, balap karung berpasangan, bakiak pasir dan lomba makan kerupuk dapat diikuti oleh semua pengunjung mulai pukul 10.00 WIB pada tanggal 17-19 Agustus 2018. Tidak ketinggalan akan ada parade spesial kemerdekaan Lagoon Seaside Carnival yang merupakan carnaval kostum kemerdekaan pada 19 Agustus 2018 dan juga pertunjukan Lagoon Sunset Music yang dapat dinikmati mulai pukul 4 sore.

Atraksi di Magic House
Di pekan hari ulang tahun Indonesia yang ke-73, Dufan juga akan menampilkan atraksi Magic House Spesial Kemerdekaan yang menghadirkan magician profesional pada 17-19 Agustus 2018. Berdurasi 40 menit, pengunjung akan dibawa ke tempat berkumpulnya para magician yang penuh dengan ilusi yang menegangkan, pertunjukan Magic House: Royal Illusion Spesial Kemerdekaan mulai dipertontonkan setiap hari pukul 14.00 WIB. Selain itu Dufan juga menggelar beragam lomba kemerdekaan serta spesial show berjudul “Sang Pangeran” di kawasan Indoor Dufan pada pukul 18.30 WIB.

Jangan sampai ketinggalan juga parade spesial Kemerdekaan yang merupakan ciri khas dari Dufan dan selalu ditunggu-tunggu pengunjung, akan hadir pada pukul 16.30 WIB.

Scorpion Pirates
Khusus pada peringatan kemerdekaan tahun ini, Ocean Dream Samudra mempersembahkan sebuah pertunjukan baru yatu Scorpion Pirates: Perjuangan Benteng Betawi. Dengan jalan cerita baru dan tayang pertama kali, Scorpion Pirates akan menyajikan kisah seorang pejuang Indonesia bernama Somad yang berusaha membebaskan tanah Betawi dari penjajahan Belanda, pastinya seru sebab pertunjukan tersebut diperagakan oleh stuntman professional dan menggunakan efek air dan api yang membuat pertunjukan akan semakin dramatis.

Di sini pengunjung juga dapat mengenal lebih dekat dengan satwa mamalia laut di Dolphin Adventure dan Sea Lion Show, dengan tema spesial kemerdekaan ada atraksi menarik yang akan menghibur dan meberikan edukasi kepada seluruh pengunjung. Selain belajar bersama lumba-lumba dan sea lion pengunjung juga bisa belajar dan berinteraksi dengan beberapa komunitas satwa, antara lain komunitas otter, komunitas musang dan komunitas reptil. Jangan ketinggalan juga, karena ada lomba tradisional spesial kemerdekaan di rumah pintar Ocean Dream Samudra.

Water Yoga
Yoga merupakan salah satu olahraga yang berasal dari India yang sedang diminati belakangan ini. Olahraga yang banyak melibatkan peregangan sebagai latihan fisik ini sering digunakan untuk tujuan terapi. Namun, yoga kini dipercaya dapat membakar kalori lebih banyak dibanding beberapa olahraga lainnya.

Selain di dalam studio, yoga juga kerap dilakukan diruangan terbuka seperti lapangan dan di pinggir pantai. Salah satu yang unik adalah yoga bersama di kolam renang seperti Atlantis Water Yoga yang digelar di Atlantis Water Adventures Ancol. Kegiatan water yoga ini sudah dilakukan setiap akhir pekan dan khusus pekan Agustusan ini akan mengangkat tema spesial kemerdekaan pada 19 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB.

Tidak hanya water yoga, seluruh pengunjung Atlantis akan dimanjakan dengan beragam lomba spesial kemerdekaan dan aneka hadiah kejutan di Gerobak Hadiah Merdeka. Dalam kesempatan ini juga dilakukan pengumuman undian Atlantis Big Surprize yang digelar selama Juni-Juli 2018, dua pengunjung beruntung yang telah memasukan data di kotak undian akan memperoleh sepeda motor.

Kongkow Sejarah Kemerdekaan
Sejarah kemerdekaan Indonesia banyak menyimpan cerita-cerita revolusi bersejarah dari berbagai daerah yang menarik untuk ditelisik. Dalam pekan Agustusan di Ancol ini, tepat pada 17 Agustus 2018 pukul 14.00-17.30 WIB akan ada talkshow di Pasar Seni denga tema Kongkow Sejarah Revolusi Kemerdekaan. Kegiatan ini akan dihadiri oleh Sejarawan Komunitas Bambu yang banyak menerbitkan buku-buku bertema sejarah yaitu JJ Rizal, Ali Anwar dan H. Qomaruddin Bin H. Darip sebagai narasumber.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati Pameran dan Talkshow Wall of Frame Betawi yang merupakan bagian dari kegiatan Kampung Betawi Ancol. Tidak hanya itu, ditempat ini juga ada spot foto yang instagramable dengan konsep rumah Betawi yang unik dan dilengkapi dengan busana khas Betawi, cocok sebagai dokumentasi bergaya khas Jakarta bersama keluarga dan sahabar tercinta.

Enjoy di Ecopark
Berolahraga dan menikmati suasana alam saat ini menjadi trend di tengah masyarakat perkotaan. Berbagai kalangan dari anak-anak sampai dewasa kini gemar berolah raga di tempat yang teduh dan jauh dari polusi udara. Di pekan hari ulang tahun Indonesia yang ke-73 ini Allianz Ecopark sebagai salah satu ruang terbuka hijau di kawasan Ancol Taman Impian dan menjadi tempat sarana olah raga bernuansa alam di kawasan Ancol, ikut meramaikan Pesta Manusia Merdeka dengan menggelar aneka lomba kemerdekaan yang bisa diikuti pengunjung pada tanggal 18 Agustus 2018 pukul 07.00-12.00 WIB. Di tempat tersebut juga ada pusat jajanan pagi yang menyuguhkan beragam menu sarapan sehat di Eco Market yang dapat dinikmati setiap akhir pekan dan liburan nasional mulai pukul 06.00-12.00 WIB.

Informasi Harga dan Promo
Dunia Fantasi (Dufan)
– Reguler
Weekday : Rp. 200.000
Weekend : Rp. 295.000

– Bundling Annual Pass Dufan & 1 tiket Seaworld Ancol
Weekday : Rp. 600.000
Weekend : Rp. 600.000

– Bundling Annual Pass Dufan & Annual Pass Atlantis
Weekday : Rp. 600.000
Weekend : Rp. 600.000

– Promo Sosro
Weekday : Rp. 110.00
Weekend : Rp. 160.000

Atlantis Water Adventures (AWA)
– Reguler
Weekday : Rp. 120.000
Weekend : Rp. 175.000

– Promo Atlantis Merdeka
Weekday : Rp. 60.000
Weekend : Rp. 85.000

– Promo Spesial Ulang Tahun Agustus
Gratis bagi yang berulang tahun di bulan Agustus dan diskon 50% bagi pendamping (minimal 4 orang)

– Student Day (4 orang)
Weekday : Rp. 300.000
Weekend : Rp. 400.000

Seaworld Ancol (SWA)
– Single tiket Seaworld Ancol & Ocean Dream Samudra
Weekday : Rp. 140.000
Weekend : Rp. 185.000

Ocean Dream Samudra (ODS)
Single tiket  Ocean Dream Samudra & Seaworld Ancol
Weekday : Rp. 140.000
Weekend : Rp. 185.000

(hero)