Kejuaraan Bola Voli U-18
Kastara.ID, Jakarta – Laga puncak Kejuaraan Bola Voli U-18 Piala Gubernur DKI Jakarta dihelat di GOR Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (14/8).

Dalam partai final tersebut, Juara 1 kategori Putra berhasil diraih Tectona Bandung yang berhasil mengalahkan Perkasa Sumedang dengan skor set 3-2.

Sementara untuk kategori Putri diraih BVN Wahana Kharisma yang mengalahkan WEG Bandung dengan skor set 3-1.

Juara 1 berhak atas hadiah berupa piala dan uang pembinaan senilai Rp 20 juta dan Juara 2 mendapatkan uang pembinaan senilai Rp 15 juta.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali saat menutup ajang ini menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada 16 tim putra dan putri yang mengikuti kejuaraan ini.

“Saya melihat semangat dan sportivitasnya sangat baik. Antusiasme penonton juga luar biasa,” ujarnya, saat menutup kejuaraan Invitasi Bola Voli Antar Klub U-18.

Marullah menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sangat mendukung kegiatan-kegiatan olahraga di Jakarta baik yang diadakan dengan anggaran bersumber dari APBD maupun non-APBD.

“Kejuaraan-kejuaraan ini sangat penting diadakan, khususnya terkait pembinaan atlet-atlet remaja,” terangnya.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PBVSI DKI Jakarta, Mohamad Taufik menuturkan, kejuaraan ini memiliki manfaat besar untuk memperkuat cabang olahraga (cabor) bola voli di Jakarta.

“Melalui turnamen ini kita bisa mengevaluasi atlet-atlet kita dibandingkan provinsi lain,” ucapnya.

Menurutnya, pertandingan-pertandingan seperti perlu diperbanyak untuk menguji kemampuan secara individu maupun kekompakan secara tim.

“Saya kira ini tidak hanya harus menjadi agenda tahunan atau satu tahun sekali. Kegiatan ini bisa lebih sering dilakukan semakin baik,” bebernya.

Ia menambahkan, invitasi bola voli ini juga diadakan dalam rangka persiapan menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

“Saya berharap dalam Popnas nanti tim bola voli DKI bisa meraih medali emas,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Achmad Firdaus menjelaskan, penyelenggaraan kejuaraan bola voli U-18 ini diikuti 32 tim dari 11 provinsi.

“Antusiasmenya sangat luar biasa. Kegiatan seperti kembali menggelorakan semangat para atlet karena masa pandemi cukup memberikan dampak,” tukasnya.

Dispora DKI Jakarta, lanjut Firdaus, terus memperkuat sinergisitas dengan KONI DKI Jakarta, termasuk Pengprov dari masing-masing cabor terkait persiapan menuju Popnas.

“Kemarin saya menghadiri kegiatan¬†character building¬†atlet Popnas. Kita akan betul-betul mempersiapkan atlet kita untuk menjadi yang terbaik di ajang Pra Popnas maupun Popnas di tahun 2023,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada kategori putra, Juara 3 diraih Vocus Bekasi, Jawa Barat.

Kemudian, di kategori putri Juara 3 dimenangkan Jakarta Satu. Mereka mendapat hadiah berupa uang pembinaan senilai Rp 10 juta.

Untuk pemain putra terbaik disematkan kepada Luvi Nugraha dari Tectona Bandung. Sedangkan, pemain terbaik putri diraih Alya Regifa Fahira dari Kharisma. Mereka masing-masing mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1 juta. (hop)