Teuku Faizasyah

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memastikan pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar di Jakarta tidak mengeluarkan peringatan ancaman teror pada warganya yang ada di Indonesia.

“Informasi yang beredar ini sudah sempat dikonfirmasi ke pihak Kedubes Jepang di Jakarta. Mereka menegaskan pihak kedubes tidak mengeluarkan peringatan tersebut,” ungkap Juru Bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah, Rabu (15/9).

Kendati telah dibantah Kementerian Luar Negeri, lanjut Faizasyah, pemerintah tidak akan mengomentari jika pemerintah Jepang benar-benar mengeluarkan peringatan itu.

“Indonesia tidak lazim mengomentari travel advisory ataupun warning yang dikeluarkan suatu negara. Sama halnya negara-negara sahabat pun lazimnya tidak mengomentari travel advisory/warning yang Indonesia keluarkan untuk WNI kita di luar negeri,” tuturnya.

Sebagai dua negara bersahabat, Faizasyah berharap instansi di Jepang dapat memanfaatkan berbagai mekanisme bilateral yang ada untuk berkomunikasi dengan mitranya di Indonesia. Terlebih untuk isu-isu spesifik tertentu dengan perkembangan situasi terakhir.

Dia pun menegaskan kabar seputar peringatan travel advisory ataupun warning ini tidak mempengaruhi hubungan diplomatik ataupun aktivitas warga di kedua negara.

“Hubungan bilateral kedua negara baik. Memberi ruang untuk membicarakan berbagai hal dengan baik,” tukasnya. (ant)