TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)

Kastara.ID, Depok – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri secara resmi dibuka Wali Kota Depok Mohammad Idris di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Depok, Rabu (15/9). Tampak hadir Asper Kasdam Jaya Kolonel Inf Riza Anom Putranto, Dandim 0508 Depok Kolonel Inf Agus Isrok Miraj, Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar, Sekda Depok Supian Suri, Asisten Pemerintahan dan Kesos Sri Utomo dan para perangkat daerah. Juga hadir Ketua TP-PKK Kota Depok Elly Farida, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 22 Hetty Agus Isrok Miraj.

Wali Kota Depok dalam sambutannya mengatakan, atas nama pemerintah dan pribadi, dirinya mengucapkan ribuan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI untuk berpatisipasi dan kontribusinya dalam program TMMD di Kota Depok. “Selama sepuluh tahun menjadi kepala daerah, baru satu kali membuka TMMD di Depok di dalam ruangan. Ini merupakan suatu inovasi, karena mengingat pendemi tidak boleh berkerumun. Ngeri-ngeri gimana, enak-enak serem, ini merupakan inovasi yang luar biasa dari pihak Kodim 0508 karena ini bersinergi dan menjadikan leading sektor dari DPAPMK Pemerintah Depok.

Idris menambahkan, TMMD harus sama-sama kita pahami, tujuan utamanya adalah bagaimana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama TNI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kata kuncinya adalah kesejahteraan bagi masyarakat. TNI mempunyai arti yang sangat penting dalam memecahkan persoalan masalah-masalah sosial.

“Pastinya ketika ada program non fisik yang akan digelar di program ini apa saja yang nantinya akan dibina di lapangan, nanti akan diberdayakan di masyarakat. Misalnya mengenai gotong royong, RW layak anak, jadi yang diberi wawasan orang tuanya, bukan anaknya. Nantinya ada 14 program yang akan disampaikan kepada masyarakat, salah satunya wawasan kebangsaan,” katanya.

Di tempat yang sama, Pasiter Kodim 0508 Depok Kapten Inf Ibrahim mengatakan, dalam TMMD akan mengerjakan di dua kelurahan yaitu Bedahan dan Pengasinan dari tanggal 15 September-14 Oktober. Salah satunya adalah pengecoran jalan sepanjang 285 meter, normalisasi saluran air sepanjang 245 meter, renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak tiga rumah dan satu posyandu.

Sementara untuk pekerjaan non fisik nantinya akan memberikan penyuluhan dari kepolisian kepada warga sekitar mengenai tertib lalu lintas, bahaya narkoba bagi anak-anak, radikalisme, bela negara, dan ketahanan keluarga.

Dinas-dinas di Kota Depok tidak ketinggalan akan memberikan bagi warga di dua kelurahan dalam TMMD seperti pemberian kursi roda dari Dinas Sosial Kota Depok, bantuan bibit sayuran dari Dinas Pertanian Kota Depok, bantuan beras 200 paket dan 500 kacamata serta bantuan wifi dari Diskomimfo, dari RSUD Depok memberikan dua kursi roda, 50 boks masker dan 60 botol Hand sanitizer. (*)