Demo

Kastara.ID, Jakarta – Sejumlah elemen mahasiswa dan buruh akan menggelar aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) hari Kamis (15/9) ini. Ditlantas Polda Metro Jaya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar area Istana Negara.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, rekayasa lalu lintas diberlakukan pihaknya untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, juga untuk pengoptimalan pengamanan aksi unjuk rasa.

“Alih arus dilaksanakan Kamis, 15 September 2022, pukul 10.00 WIB sampai selesai,” ujar Latif, Kamis (15/9).

Latif mengimbau kepada masyarakat yang akan menuju area sekitar Istana Negara untuk mencari rute alternatif agar tidak terkena kepadatan saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas. “Masyarakat yang akan menuju area sekitar Istana Negara agar mencari jalan alternatif lain,” tambahnya.

Berdasarkan unggahan di Instagram TMC Polda Metro, berikut rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara:
1. Arus lalu lintas dari arah Bundaran HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan.
2. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (bersifat situasional).
3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau Jalan Suryopranoto.
4. Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu. (ant)