Kastara.id, Jakarta – Terpilihnya Ignatius Jonan sebagai Menteri ESDM dan Archandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM membuat  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Farouk Muhammad terkejut .
“Menteri ESDM definitif akhirnya diputuskan oleh Presiden dengan menunjuk  Ignatius Jonan. Adapun keberadaan Archandra Tahar sebagai Wamen diharapkan dapat membantu mewujudkan sektor ESDM yang lebih baik dan berdaulat” ucap Farouk Muhammad pada hari Sabtu, (15/10) di Jakarta.
Farouk menyadari bahwa penunjukan Ignatius Jonan sebagai Menteri ESDM dan Archandra Tahar sebagai Wamen telah menimbulkan sikap pro dan kontra dikalangan publik, namun dirinya meminta agar semua pihak menghormati keputusan Presiden Jokowi tersebut.
“Saya berkeyakinan bahwa Presiden Jokowi telah mempertimbangkan banyak hal dalam mengambil keputusan ini. Hak prerogratif Presiden harus kita hormati dan hargai bersama,” lugas senator asal Nusa Tenggara Barat (NTB).
Guru Besar PTIK ini juga meminta duet Jonan dan Archandra dapat segera mengurai beragam masalah disektor energi dan mineral baik di tingkat hulu hingga hilir. Mengingat, sektor energi menguasai hajat hidup orang banyak dan memiliki pengaruh besar terhadap struktur penerimaan negara. Perlu keseriusan dan kerja keras yang luar biasa dari Menteri ESDM dan wakilnya.
Farouk berkeyakinan, Integritas pribadi Johan yang dipadukan dengan kapabilitas Arcandra dalam dunia Migas diyakini akan mampu membenahi segala permasalahan sektor ESDM.
Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan Arcandra Tahar sebagai Wakil MenteriESDM, Jumat (14/10/2016). (Tom)