Abominable

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Vietnam larang penayangan film animasi Abominable buatan Amerika Serikat (AS) sebab menayangkan adegan kontroversial yang menunjukkan peta ilustrasi klaim China di Laut China Selatan.

Peta tersebut memuat “garis putus-putus” milik pemerintah Tiongkok yang menggambarkan klaim mereka atas Laut China Selatan.

Abominable, berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Yi yang bertemu dengan Yeti di atap gedung apartemennya di Shanghai. Bersama teman-temannya, Yi memberi nama Yeti muda ini, Everest.

Petualangan dimulai saat Yi dan teman-temannya berusaha mengembalikan Everest ke keluarganya. Film ini merupakan hasil produksi Pearl Studio-DreamWorks.

Tampilan tentang garis putus-putus yang menunjukkan klaim Tiongkok atas Laut China Selatan dengan cepat disadari oleh para penonton Vietnam. Mereka memotretnya dan membaginya lewat media sosial.

Ketika mengetahui, pemerintah Vietnam seketika mengumumkan bahwa film itu akan ditarik dari bioskop.

Sebenarnya sengketa atas Laut China Selatan tidak hanya melibatkan Tiongkok dan Vietnam, namun juga sejumlah negara lainnya seperti Taiwan, Filipina, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Taiwan, Filipina, Brunei, Malaysia, dan Vietnam masing-masing mengklaim wilayah di Laut China Selatan.

Beijing dan Ho Chi Minh City terlibat dalam ketegangan baru-baru ketika pada bulan Juli saat Cina melakukan survei energi di perairan yang dikuasai oleh Vietnam.

Pada bulan Agustus 2019, polisi membubarkan aksi protes di luar kedutaan besar Tiongkok di Hanoi atas perselisihan terbaru seputar serbuan China ke perairan Vietnam. (yan)