Olimpiade

Kastara.ID, Jakarta – Indonesia secara terbuka mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Untuk mensukseskan rencana tersebut, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mencari dukungan ke China.

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari melakukan, kunjungan kerja ke National Olympic Committee (NOC) China kemarin (14/11). Dalam kunjungan tersebut Oktohari beserta rombongan berkesempatan menggelar audiensi bersama Menteri Administrasi Umum dan Olahraga China yang juga menjabat sebagai Presiden NOC China, Gou Zhongwen.

Dalam pertemuan tersebut, Gon Zhongwen mengatakan, China sangat mendukung Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pihaknya berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dan akan membantu segala hal yang dibutuhkan Indonesia melalui jaringan-jaringan yang mereka miliki.

Menurut Oktohari, China menjadi negara pertama yang ia kunjungi karena merupakan salah satu negara yang sukses menggelar Olimpiade pada 2008 lalu. Selain berpengalaman menjadi tuan tumah Olimpiade, China juga memiliki atlet yang prestasinya mendunia. Hal ini dikarenakan China sangat fokus dalam mengembangkan presatsi atletnya. Selain itu, China juga menerapkan sport science yang sangat menudukung peningkatan prestasi atletnya di kancah internasional.

Saat ini, saingan kuat Indonesia agar terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, yaitu India, Korea Selatan dan Korea Utara yang mengajukan sebagai tuan rumah bersama.

Penetapan tuan rumah Olimpiade 2032, akan ditentukan oleh IOC pada 2025. Jika berhasil terpilih, maka Indonesia akan menjadi negara keempat di Asia yang menggelar Olimpiade. (dwi)