Mars

Kastara.ID, Jakarta – NASA akan mulai berburu fosil di Mars pada 2020 yang dilakukan oleh rover badan antariksa Amerika Serikat (AS). Tim yang akan diterbangkan pada pertengahan tahun depan akan mendarat di Mars pada Februari 2021.

Perburuan akan dilakukan pada kawah bagian dalam Jazero di Mars untuk mencari sisa kerang, koral, atau stromatolites. Stromatolites merupakan batuan yang terbentuk di planet ini oleh mikroba purba yang hidup di sepanjang garis pantai.

Kondisi pinggir pantai ini menjadi lokasi yang cocok untuk mempelajari bagaimana interaksi antara karbondioksida dan air, seperti dilansir dari laman NASA.

Wilayah perbatasan ini juga menyimpan catatan sejarah bagaimana perubahan interaksi keduanya terjadi dari waktu ke waktu. Sehingga para peneliti bisa mempelajari kapan dan bagaimana Planet Merah mulai mengering.

NASA tidak berharap akan menemukan kerang laut, tapi rover ini akan mencari stromatolites. Sebab jika benda ini ditemukan, ini akan menjadi tanda kehidupan mikrobakteri di masa lalu di planet tak berpenghuni ini.

Temuan ini akan memberi petunjuk bagaimana Mars berubah dari tempat yang berair menjadi gurun seperti saat ini.

Misi Mars 2020 akan mencari tanda-tanda kehidupan dari kehidupan mikroba sebelumnya. Misi ini akan mengumpulkan sampel dari daratan di Mars.

Misi ke Mars selanjutnya akan mengirim kembali sampel-sampel ini kembali ke Bumi untuk diteliti lebih lanjut. (rfr)