momobil.id

Kastara.id, Jakarta – Sebagai perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan situs momobil.id sebagai used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air.

Situs momobil.id hadir sebagaii platform yang mempertemukan pembeli dengan penjual perorangan (C2C) dan dealers (B2C) otomotif, sekaligus memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance. Hal ini sesuai dengan komitmen Adira Finance yang merupakan perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia.

Sebagai bentuk inovasi dari transformasi bisnis dan digital Adira Finance, kehadiran situs tersebut diharapkan mampu menyikapi pesatnya perubahan consumer behaviour atau pola hidup masyarakat Indonesia di tengah kemajuan teknologi dan digitalisasi yang dinilai berdampak besar terhadap berbagai segmentasi bisnis. Apalagi kini memasuki era VUCA, yaitu era di mana penuh perubahan yang sangat cepat (Volatile), situasi yang tidak pasti (Uncertainty), situasi yang kompleks (Complexity), dan ambigu (Ambiguity). Sehingga setiap perusahaan dituntut untuk mampu mengidentifikasi dan menyikapi perubahan tersebut.

Berdasarkan data yang dirilis Kepios dan Statista, penetrasi internet telah meningkat sebesar 50 persen per September 2017 dengan pencapaian jumlah pengguna aktif yaitu lebih dari 104 juta pengguna. Dampaknya, perkembangan tersebut telah mengubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat seperti Customer Shopping Behavior. Pada saat berbelanja kebutuhan, baik itu kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier, dari kebiasaan sebelumnya berbelanja secara konvensional kini mulai beralih ke tren berbelanja online. Begitu pun pada saat konsumen membeli mobil, untuk mendapatkan berbagai informasi seputar mobil yang ingin dibeli, konsumen sudah tidak perlu lagi datang ke show room atau dealer, karena semua informasi tersaji lengkap secara digital.

Adira Finance pun menyadari bahwa menyikapi perubahan perilaku konsumen bukanlah sebuah perkara yang mudah. Hal ini sangat dirasakan terutama dari segi emosional, di mana saat konsumen ingin membeli mobil, terutama mobil bekas. Perlu adanya pertimbangan, perencanaan, dan trust, termasuk berhubungan dengan pengeluaran uang yang relatif besar sekaligus menjadi tantangan di era digital ini. Di sisi lain, konsumen yang ingin menjual mobil, juga terdapat tantangan tersendiri. Era digital menuntut penjual mobil untuk merambah ke pasar yang lebih luas agar dapat menjual mobilnya dengan lebih cepat.

Momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi seller dan buyer. Bagi buyer, kami memberikan beragam pilihan mobil berkualitas dan terjamin, tentunya dengan layanan pembiayaan yang terbaik dan terpercaya dari Adira Finance. Bagi seller, baik personal maupun dealer, kami adalah partner yang menyediakan channel penjualan digital yang dapat mempercepat proses penjualan, sehingga dapat memberikan keuntungan bersama,” ujar Errol Franklin Siahaan selaku Senior Vice President, Head of Digital Business, Adira Finance.

Tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik sehingga dapat turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance ambil bagian dalam kontribusi tersebut, membantu penjual dalam memperluas pangsa pasar, memberikan pembeli pilihan terbaik, dan berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Tanah Air, dengan menghadirkan layanan digital berkualitas yang memberikan  tiga keunggulannya, yaitu mudah, aman, dan nyaman..

Proses transaksi (jual dan beli) menjadi sangat mudah. Contohnya simplicity dari persyaratan dan prosedur, kecepatan proses, dan status approval pembiayaan. Apalagi didukung oleh Adira Finance, perusahaan finance yang telah berpengalaman selama 27 tahun di bidang pembiayaan, khususnya kredit otomotif. Proses pembiayaan ini juga diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Mobil yang dijual sudah tersertifikasi oleh Mister Auto (representative momobil.id yang akan melakukan pengecekan kondisi mobil). Pembeli akan merasa aman karena hanya menjual mobil bekas berkualitas dan juga memberikan jaminan keamanan berupa Free Warranty selama 6 bulan.

Penjual dan pembeli juga akan merasa nyaman, karena akan dibantu sepenuhnya oleh Personal Assistant (PA) sebagai #PilihanTerbaik bagi konsumen yang tidak memiliki waktu untuk melakukan proses pencarian dan pembelian mobil idaman mereka. PA akan membantu seluruh proses transaksi konsumen mulai dari pencarian mobil hingga serah terima unit.

Adira Finance pun berkomitmen untuk terus berinovasi dan berupaya meningkatkan kualitas layanan, agar tetap menjadi #PilihanTerbaik untuk jual dan beli mobil bagi masyarakat Indonesia.

“Transformasi bisnis dan digital yang dilakukan Adira Finance melalui momobil.id, tentunya bertujuan agar momobil.id menjadi solusi dan #PilhanTerbaik bagi buyer dan seller, khususnya untuk meningkatkan pasar mobil bekas (mobkas), karena geliat penjualan mobkas di Tanah Air masih sangat prospektif. Pada akhirnya Adira Finance ingin terus berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Bangsa,” pungkas Hafid Hadeli, selaku Chief Executive Officer Adira Finance. (ad)