Gambang Kromong

Kastara.ID, Jakarta – Untuk melestarikan dan menarik perhatian kaum muda, Sanggar Seni Betawi Kota Bambu (SSBKB) yang bermarkas di Jl Kota Bambu Utara, Palmerah, Jakarta Barat, terus mengkreasikan kesenian musik tradisional Gambang Kromong.

Pelatih Seni Gambang Kromong SSBKB Olil S mengungkapkan, Gambang Kromong merupakan alat musik tradisonal khas Betawi yang harus dijaga eksistensinya.

Salah satunya adalah dengan terus menampilkan alat musik tradisi itu dalam pelbagai perhelatan kesenian.

Seperti dengan mengkreasikan Gambang Kromong dengan alat musik modern, seperti drum, gitar, piano dan lain sebagainya dalam satu pertunjukan.

“Mengkreasikan Gambang Kromong dengan alat musik modern ini merupakan upaya kami dalam melestarikan kesenian Betawi,” ujarnya, Ahad (15/12).

Olil meyakini, jika Gambang Kromong serta alat musik tradisi lainnya, seperti Kecrek, Suling, Sukong, Tehyan, dan alat musik tradisi lainnya terus ditampilkan dengan kreatif, niscaya kaum muda akan menyukainya serta tertarik untuk mempelajarinya.

Sejak berdiri tahun 2002, sanggar yang kini memiliki 50 anggota ini juga kerap mengkreasikan Gambang Kromong dan alat musik tradisi dari daerah lainnya.

“Harapannya, alat musik dan seni tradisi Betawi terus lestari dan disukai oleh kaum muda,” tandasnya. (hop)