Rudal

Kastara.ID, Jakarta – Iran mengumumkan telah menangkap orang yang merekam detik-detik pesawat Ukraina ditembak rudal dan jatuh di pinggiran ibukota Teheran. Pelaku didakwa terkait keamanan nasional.

Berdasarkan rekaman gambar itu terlihat pesawat sempat berupaya kembali ke bandara meski akhirnya meledak di angkasa dan jatuh. Pesawat tersebut dijadwalkan terbang menuju Kiev dan tertembak rudal militer Iran tak lama setelah lepas landas dari bandara Teheran.

Penangkapan ini dilakukan setelah dua rekaman kecelakaan pesawat Ukraine International Airlines itu tersebar di media. Video terbaru menunjukkan bahwa pesawat berpenumpang 176 orang itu terbakar sebelum jatuh.

Menurut lansiran New York Times, klip video terbaru itu diunggah ke YouTube oleh seorang pengguna Iran sekitar pukul 02.00 hari Selasa (14/1).

Untuk diketahui, kecelakaan Boeing 737 itu berlangsung beberapa jam setelah Iran meluncurkan serangan rudal balistik terhadap dua pangkalan militer Irak yang menampung personel militer Amerika Serikat, sebagai respons terhadap serangan drone AS yang menewaskan jenderal mereka, Qasem Soleimani, di Baghdad, Irak.

Iran yang semula membantah bahwa pesawat Ukraina itu jatuh karena tertembak rudal. Namun tak lama pemerintahan Presiden Hassan Rouhani mengaku pesawat itu ditembak jatuh angkatan bersenjata karena kesalahan teknis.

Rouhani juga bersumpah akan menghukum pihak-pihak yang bertanggung jawab atas penembakan pesawat itu. Sejauh ini, pihak berwenang Iran telah menahan 30 personel militer terkait insiden pesawat Ukraina. (sud)